Jelang Peluncuran, Sedan Listrik Pertama Xiaomi SU7 Lakukan Uji Internal di Sirkuit Zhejiang
Pengujian mobil listrik Xiaomi. (Dok. Carnewschina)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah terungkap spesifikasinya saat mengajukan lisensi penjualan di China, dan beberapa kali tertangkap kamera sedang parkir di jalan China, kini mobil listrik pertama Xiaomi yaitu SU7 terungkap tengah melakukan pengujian internal di Sirkuit Internasional Zhejiang di Shaoxing.

Dikutip dari laman Carnewschina, Rabu, 6 Desember, sedan listrik yang memiliki desain futuristik dan akan bersaing dengan Tesla Model 3 serta BYD Seal ini, terlihat berbalut kamuflase warna merah, putih dan hitam dengan sedikit spoiler yang bisa dilihat, tak ada informasi lebih dalam terkait pengetesan tersebut.

Namun dipastikan mobil listrik tersebut akan meluncur pada bulan Desember ini. Nantinya Xiaomi akan mengadakan konferensi pers peluncurannya bersamaan dengan masa pre order.

Meski tanggal pastinya belum diumumkan, tapi media lokal China menyebutkan bahwa tanggal 27 Desember akan menjadi hari ke-1000 sejak Xiaomi mengumumkan akan membuat mobil, dan diperkirakan tanggal tersebut yang akan dipilih.

8

Seperti diketahui Xiaomi SU7 akan menjadi EV pertama yang dibuat oleh raksasa ponsel pintar tersebut dan akan memulai produksi massal mobil pertamanya pada paruh pertama tahun 2024.

Mobil listrik ini akan diproduksi secara kontrak oleh Beijing Automotive Industry Corporation (BAIC). Hal ini merupakan hal yang lumrah bagi startup EV di Tiongkok. Misalnya mobil Xpeng awalnya dibuat oleh Haima dan JAC awalnya membuat mobil Nio.

Sementara itu pada bulan Desember, media lokal juga melaporkan bahwa Xiaomi SU7 memasuki tahap kelima verifikasi lini produksi (PT5) di pabrik BAIC Beijing di daerah Yizhuang. Pabrik berencana menyelesaikan 300 kendaraan uji coba pada bulan Desember dan mempersiapkan produksi massal pada awal tahun 2024.