Bagikan:

JAKARTA - YouTube menjadi saluran streaming video paling banyak diminati. Mengutip dari DataReportal, jumlah pengguna YouTube di Indonesia mencapai 139 juta orang atau setara 50 persen dari total penduduk selama 2022.

Siapapun dapat membuat saluran YouTube dan mengunggah hasil video buatannya di sana. YouTube menjadi platform paling cocok untuk para konten kreator. 

Namun, selain mengasyikkan, YouTube juga memiliki sisi gelapnya. Tidak jarang banyak orang yang melontarkan kata-kata negatif terhadap video orang lain, bisa jadi itu terjadi juga kepada Anda. 

Untuk menghindari komentar negatif tersebut, Anda dapat menonaktifkan kolom komentar di saluran Anda. Karena YouTube memiliki beberapa alat untuk membantu Anda mengontrol siapa yang dapat mengomentari video Anda.

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Komentar YouTube dari Komputer

Saat Anda memulai saluran YouTube, kolom komentar akan diaktifkan secara default. Tapi, jika sebelumnya Anda telah menonaktifkannya untuk video tertentu, mengaktifkannya kembali sangatlah mudah.

  1. Masuk ke akun Google yang terkait dengan saluran YouTube Anda. 
  2. Pilih ikon Anda di kanan atas dan tekan opsi YouTube Studio. 
  3. Klik konten
  4. Jika Anda mengarahkan kursor ke video, Anda akan melihat ikon pensil bernama Details. Pilih opsi ini untuk video yang komentarnya dinonaktifkan.
  5. Di bagian bawah halaman klik Tampilkan Lainnya yang berwarna biru. 
  6. Jika Anda telah menonaktifkan komentar, tekan Izinkan semua komentar untuk mengaktifkannya kembali. Atau, Anda dapat memilih Tahan komentar yang berpotensi tidak pantas untuk ditinjau atau Tahan semua komentar untuk ditinjau. 

Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Komentar YouTube Dari Ponsel Cerdas Anda

Cara mengaktifkan dan menonaktifkan komentar di YouTube dari ponsel akan sedikit lebih rumit. Anda punya dua pilihan, download aplikasi YouTube Studio atau buka browser web Anda. Kali ini, VOI telah merangkum cara mengaktifkan dan menonaktifkan komentar melalui YouTube Studio, karena lebih mudah.

  1. Buka aplikasi YouTube Studio
  2. Di dasbor Anda, klik tiga titik di samping video yang ingin Anda edit. 
  3. Pilih Edit video
  4. Pada tab berikutnya, pilih panah Opsi lainnya di bagian bawah.
  5. Di bawah Komentar, Anda akan melihat menu drop-down, pilih Nonaktifkan komentar.
  6. Jika Anda ingin mengaktifkan komentar, pilih Izinkan semua komentar atau gunakan salah satu versi yang lebih terbatas.

Perubahan Anda akan berlaku setelah Anda meninggalkan layar.