Cara Memberi Pin Komentar di YouTube Menggunakan Aplikasi YouTube Studio
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pin komentar di YouTube membuat sebuah komentar yang diberikan pada penonton berada di urutan paling atas dari video yang diunggah oleh krator.

Komentar yang diberi pin di YouTube biasanya memiliki informasi yang berhubungan dengan video yang diunggah, atau komentar tersebut dirasa menarik oleh kreator sehingga ditempatkan di posisi paling atas supaya dapat dibaca oleh penonton lain.

Namun, setiap kreator hanya dapat memberi 1 pin komentar di setiap video yang mereka unggah. Apabila, Anda membuat lebih dari 1 pin komentar, maka YouTube hanya akan menampilkan komentar yang paling baru diberi pin.

Untuk menetapkan pin pada sebuah komentar di YouTube, kreator dapat menggunakan aplikasi YouTube Studio. Hal ini berfungsi supaya Anda tidak terlalu sering menonton kanal YouTube sendiri yang dapat mempengaruhi performa kanal YouTube Anda.

Oleh karenanya menetapkan pin komentar pada video YouTube dengan aplikasi YouTube Studio merupakan solusi terbaik yang dapat Anda gunakan. Jika Anda belum mengetahui cara menggunakannya, tim VOI telah merangkum tutorialnya dalam artikel di bawah ini.

Cara Menetapkan Pin Komentar di Video YouTube

Salah satu cara yang dapat digunakan oleh pengguna untuk membuat pin komentar adalah menggunakan aplikasi YouTube Studio. Anda pun dapat melakukannya menggunakan smartphone sehingga memudahkan pengguna.

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk membuat pin komentar melalui aplikasi YouTube Studio adalah mengunduh aplikasi tersebut di play store atau App Store.

Setelah mengunduh dan menginstallnya, buka aplikasi Youtube Studio yang sudah Anda download dan masuk menggunakan email yang Anda gunakan di kanal YouTube yang Anda miliki.

Selanjutnya, Anda akan masuk ke halaman "Dashboard" YouTube Anda dan pilih video yang berisi komentar yang ingin kamu beri pin. Klik video tersebut dan cari komentar yang ingin diberi pin.

Setelah itu, ketuk simbol titik tiga yang ada di sebelah kanan komentar, kemudian pilih "Pasang Pin". Secara otomatis komentar tersebut akan muncul di posisi paling atas dari YouTube Anda.

Jika Anda ingin menghapus pin pada komentar, Anda dapat melakukan langkah yang sama. Namun, pada bagian "Pasang Pin" pengguna dapat memilih "Lepas Pin" maka pin yang sudah Anda tetapkan tersebut tidak muncul lagi di bagian paling atas komentar video YouTube Anda.

Demikianlah cara memasang pin komentar di video YouTube yang dapat Anda lakukan menggunakan aplikasi YouTube Studio. Pengguna dapat memasang pin komentar kepada komentar-komentar unik di video yang Anda unggah supaya dapat membuat penonton tertarik untuk menonton video Anda hingga selesai, bahkan membagikannya.

Dengan demikian, jumlah view dan jam tayang video YouTube Anda akan menjadi lebih banyak. Anda pun bisa mendapatkan lebih banyak uang melalui iklan di YouTube.