Arab Saudi Akuisisi 8,1 Persen dari Saham  Embracer Group
Arab Saudi mengakuisisi studio gim Embracer Group (foto: Embracer group)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah kesepakatan selesai, Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi, melalui anak perusahaannya, Savvy Gaming Group akan menjadi pemilik terbesar kedua saham Embracer Group.

Arab Saudi telah resmi membeli saham sebesar 1 miliar dolar AS atau Rp.14 triliun di Embracer Group. Dengan itu, Arab Saudi akan mengakuisisi 8,1 persen saham perusahaan. 

Savvy Gaming Group merupakan anak perusahaan Dana Investasi Publik negara yang berfokus pada permainan dan olahraga.

“Investasi Savvy Gaming Group sebesar 1 miliar  AS memungkinkan kami untuk terus menjalankan strategi kami secara proaktif dari posisi yang kuat di seluruh industri game global,” kata CEO Embracer Group Lars Wingefors dalam siaran pers dikutip dari PC Gamer.

Sang CEO juga melanjutkan bahwa Arab Saudi sudah menjadi salah satu investor paling signifikan di pasar gkm global selama beberapa tahun terakhir. Dan pasar gim di MENA (Timur Tengah, Afrika Utara) adalah salah satu yang tumbuh paling cepat di dunia, dengan 5,7 miliar dolar AS (Rp.82 triliun)di Pendapatan 2021 dan lebih banyak gamer aktif daripada AS atau Eropa Barat.

"Negara terbesar di pasar ini, sejauh ini, adalah Arab Saudi, dan setelah mengunjungi Arab Saudi, saya telah melihat komunitas gim dan peluang secara langsung," sambungnya.

Melalui Dana Investasi Publik, Arab Saudi sudah mengambil beberapa langkah besar di dunia permainan. Diketahui Arab Saudi sudah melakukan investasi signifikan di beberapa studio gim sebelum Embracer Group, diantaranya yaitu Capcom, Nexon, Nintendo, ESL Gaming, dan SNK.