Serupa Tapi Tak Sama, Download Speed dan Upload Speed Ini Perbedaannya
Perbedaan kecepatan unggah dan kecepatan unduh (foto: speedtest Ookla)

Bagikan:

JAKARTA - Di dunia serba digital saat ini, koneksi internet sangatlah diperlukan. Salah satu manfaat dari internet adalah untuk tetap terhubung dengan keluarga atau teman nan jauh di sana. 

Kecepatan internet tentu menjadi hal yang sakral dalam penggunanya. Maka dari itu, sebagian dari Anda pasti pernah melakukan test kecepatan internet di perangkat Anda. 

Biasanya speed test dilakukan pada tiga hal, yaitu Latency, Download speed, dan Upload speed. Namun untuk kali ini, VOI akan membahas perbedaan antara download speed dengan upload speed. 

Upload Speed (Kecepatan Unggahan) 

Melansir Makeuseof, kecepatan unggah mengacu pada kecepatan perangkat Anda dapat mentransfer data ke internet. Kecepatan unggah biasanya dihitung dalam satuan megabits per second (Mbps).

Aktivitas online utama yang membutuhkan kecepatan unggah yang baik adalah bermain gim. Saat Anda memainkan gim online, Anda harus terus-menerus mengirim data dari perangkat Anda ke internet.

Meski demikian, kecepatan unggah bukanlah satu-satunya faktor penting saat menjelajahi web. Kecepatan unduh juga memainkan peran kunci.

Download Speed (Kecepatan Unduhan) 

Selanjutnya, untuk kecepatan unduh yang biasa Anda lihat pada tes kecepatan mengacu pada kecepatan perangkat Anda dapat menerima data dari internet.

Kecepatan unduh ikut bisa digunakan untuk Anda melakukan streaming di Netflix, menginstal perangkat lunak dari internet, atau hanya untuk memuat halaman web.

Beberapa penyedia broadband menawarkan kecepatan unduh yang sangat tinggi, terkadang melebihi 900Mbps.

Jadi, walaupun mirip, kedua hal tadi sangatlah berbeda. Yang pasti, kecepatan unduh dan kecepatan unggah berperan penting untuk Anda menjelajahi dunia online.