Bagikan:

JAKARTA - Tesla Inc  tidak dapat menghentikan gugatan badan hak-hak sipil California yang menuduh diskriminasi ras yang meluas di pabrik perakitan mereka, sementara pembuat mobil listrik ini secara terpisah menantang kemampuan badan tersebut untuk menuntut sang pemilik. Putusan itu dibacakan oleh seorang hakim pada Rabu, 8 Juni.

Hakim Pengadilan Tinggi California, Evelio Grillo, di Oakland mengatakan selama persidangan bahwa Tesla dapat melanjutkan klaimnya bahwa Departemen Pekerjaan dan Perumahan yang Adil (DFEH) gagal memenuhi berbagai persyaratan sebelum menggugat perusahaan pada bulan Februari, tetapi mempertahankan gugatan itu tidak pantas.

Pengacara Tesla berpendapat bahwa kasus tersebut harus ditunda sehingga departemen dapat memberi perusahaan kesempatan untuk menyelesaikan klaim di luar pengadilan, tetapi Grillo mengatakan dia tidak memiliki kekuatan untuk melakukan itu.

“Kami biasanya tidak dapat memerintahkan sebuah agen untuk menggunakan kebijaksanaannya dengan cara tertentu,” kata hakim, seperti dikutip Reuters. "Itu agak tidak mungkin."

Keputusan hakim diharapkan setelah Grillo dalam perintah tertulis pada hari Selasa, 7 Juni, mengatakan bahwa dia condong untuk membiarkan kasus itu dilanjutkan.

Tesla dan pengacaranya tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters tentang keputusan itu. Departemen Ketenagakerjaan dan Perumahan yang Adil juga tidak menanggapi permintaan komentar.

DFEH dalam gugatannya mengklaim pabrik unggulan Tesla di Fremont, California, menoleransi perilaku rasial dan pekerja kulit hitam dilecehkan serta mengalami didiskriminasi dalam hal tugas pekerjaan, disiplin, dan gaji.  Tesla sendiri telah membantah melakukan kesalahan itu dan mengatakan gugatan itu bermotif politik.

Tesla pada Selasa, 7 Juni mengajukan keluhan ke Kantor Hukum Administrasi California yang mengklaim DFEH secara rutin melanggar persyaratan yang harus dipenuhi berdasarkan undang-undang negara bagian sebelum menuntut majikan atas diskriminasi tersebut.

Pada sidang Rabu lalu, Grillo mengatakan Tesla masih bisa menang atas klaimnya bahwa DFEH melanggar hukum negara bagian. Tetapi hakim mengatakan dia tidak akan menentukan itu sebelum mengambil mosi tertunda Tesla untuk memberhentikan kasus tersebut, yang merupakan subjek dari sidang yang dijadwalkan pada bulan Agustus.

Gugatan itu adalah salah satu dari beberapa gugatan yang tertunda di pengadilan California yang menuduh Tesla menoleransi diskriminasi dan pelecehan seksual di pabriknya.

Seorang hakim negara bagian pada bulan April mengurangi vonis juri denda sebesar 137 juta dolar AS menjadi 15 juta dolar AS dalam gugatan pekerja kulit hitam yang mengklaim bahwa dia menjadi sasaran pelecehan rasial yang parah di pabrik Fremont. Hakim pada Selasa lalu menolak mosi pekerja untuk izin dalam mengajukan banding atas kerugian yang dialaminya.

Tesla menghadapi gugatan class action yang membuat klaim serupa tentang bias rasial dan setidaknya tujuh tuntutan hukum atas pelecehan seksual yang dialami karyawan wanita.

Tesla telah membantah klaim tersebut dan mengatakan pihaknya memiliki kebijakan untuk mencegah dan menghukum pelanggaran di tempat kerja.