Filipina Eksplorasi Penggunaan <i>Blockchain</i> Agar Bisa Berperan di Berbagai Bidang
Filipina ingin manfaatkan teknologi blockchain di berbagai bidang. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Filipina telah memulai eksplorasi kasus penggunaan teknologi blockchain, meluncurkan program pelatihan bagi para peneliti di Departemen Sains dan Teknologi (DOST) milik pemerintah.

Enrico Paringit, seorang pejabat DOST,  mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk melihat bagaimana blockchain dapat berperan di bidang-bidang seperti perawatan kesehatan, dukungan keuangan, dan bantuan darurat.

Paringit  juga mencatat bahwa departemen juga melihat bagaimana blockchain dapat digunakan dalam penerbitan paspor dan visa, pendaftaran merek dagang dan dalam catatan pemerintah.

Sementara cryptos adalah aplikasi terkemuka untuk blockchain, pejabat DOST menyoroti bahwa niat departemen adalah untuk “membangun aplikasi non-cryptocurrency.” Paringit mengatakan bahwa tujuannya adalah untuk menghasilkan spesialis pengembangan blockchain yang dapat mendukung pemerintah dalam berbagai aplikasi teknologi.

Program ini menerima dana yang dapat menutupi biaya pelatihan spesialis dan peneliti teknologi informasi. Namun, Paringit menyoroti bahwa kurangnya ahli blockchain lokal telah membuat departemen kesulitan.

Fortunato dela Peña, sekretaris sains dan teknologi negara itu juga mempertimbangkan, dan  mengatakan bahwa blockchain adalah "teknologi baru yang penting" yang perlu dikembangkan negara.

Pada  April lalu, PayMaya, penyedia pembayaran digital yang berbasis di Filipina, meluncurkan fitur perdagangan uang kripto dalam aplikasinya. Aplikasi, yang sering digunakan oleh orang Filipina untuk belanja online atau mentransfer uang secara lokal, telah mencantumkan Bitcoin (BTC), Ether (ETH) dan kripto terkemuka lainnya untuk diperdagangkan dengan peso Filipina.

Dilaporkan oleh Cointelegraph, Pada bulan yang sama, perusahaan di belakang PayMaya, Voyager Innovations, melampaui penilaian  1 miliar dolar AS (Rp14,5 triliun) setelah menerima dana untuk mengembangkan penawaran crypto yang baru-baru ini ditambahkan dari aplikasi pembayaran digitalnya. Perusahaan menyadari bahwa ada peluang dalam melayani penduduk lokal di Filipina dalam hal keuangan digital.