Bagikan:

JAKARTA - Townsquare Media, perusahaan pemasaran digital dan stasiun radio yang berbasis di New York adalah entitas bisnis terbaru yang mendukung cryptocurrency asli dengan penambahan Bitcoin (BTC) senilai 5 juta dolar AS (Rp 72,6 miliar)  ke neracanya.

Pengajuan kepada Securities and Exchange Commission (SEC) yang mengungkapkan pembelian Bitcoin oleh Townsquare pertama kali diambil oleh Macroscope, akun Twitter yang berfokus pada perdagangan institusional yang memposting temuan tersebut pada 10 Mei.

Sesuai pengajuan, perusahaan “menginvestasikan total 5 juta dolar AS ke dalam Bitcoin” selama kuartal pertama tahun 2021 dan memberikan penjelasan mengapa memilih investasi crypto.

“Perusahaan percaya pada potensi jangka panjang aset digital sebagai investasi. Perusahaan dapat menambah atau mengurangi kepemilikan aset digitalnya kapan saja berdasarkan pandangan kami terhadap kondisi pasar,” ungkap Townsquare dalam keterangan.

Sementara harga Bitcoin pada saat pembelian tidak diungkapkan. Namun Townsquare mengatakan pihaknya mencatat kerugian penurunan nilai sebesar 400.000 dolar AS (Rp 5,8 miliar) yang dihasilkan dari “perubahan nilai wajar” kepemilikan aset digitalnya selama kuartal tersebut.

Apa yang disebut kerugian tampaknya disebabkan oleh cara yang tidak biasa bagi perusahaan yang perlu melaporkan kepemilikan crypto. Townsquare juga menyatakan dapat menjual Bitcoinnya dengan total 6,2 juta dolar AS (Rp 90 miliar) pada tanggal 31 Maret, mana kala harga Bitcoin hari itu ditutup pada harga sekitar 45.500 dolar AS (Rp 660 juta).

Perusahaan menyatakan bahwa mereka memandang investasi Bitcoin-nya sebagai likuid karena kemudahan mengubahnya menjadi uang tunai menggunakan pertukaran crypto.

Sementara pembeliannya lebih kecil jika dibandingkan dengan Bitcoin senilai hampir 3 miliar dolar AS (Rp 43,5 triliun) yang disimpan MicroStrategy, Townsquare Media berada di urutan tengah dalam hal jumlah crypto yang dipegang oleh perusahaan publik.

Menurut Bitcoin Treasures, sebuah situs yang mengukur Bitcoin yang dipegang oleh perusahaan, Townsquare akan duduk di suatu tempat di sekitar perusahaan pertambangan Bitcoin Cleanspark Inc yang memegang sekitar 4,3 juta dolar AS dan Cathedra Bitcoin Inc. yang memegang Bitcoin senilai lebih dari 5 juta dolar AS.

Dengan harga Bitcoin yang meluncur tahun ini dan baru-baru ini mencapai posisi terendah dalam 10 bulan terakhir, perusahaan lain dengan posisi besar di mata uang kripto pertama di dunia telah melaporkan kerugian karena memiliki aset itu di neraca mereka.

Sebelumnya pada Mei, manajer investasi crypto Galaxy Digital Holdings melaporkan kerugian 111,7 juta dolar AS pada kuartal pertama tahun 2022 karena kerugian yang belum direalisasi pada portofolio cryptocurrency-nya.

CEO MicroStrategy dan advokat Bitcoin Michael Saylor juga harus meyakinkan investor bahwa perusahaan dapat menutupi hutangnya jika diminta karena pinjaman 205 juta dolar AS yang didukung Bitcoin yang diambil pada bulan Maret.