Bagikan:

JAKARTA – Firma analitik blockchain Arkham Intelligence baru-baru ini mengungkap jumlah Bitcoin milik perusahaan manajer investasi terkemuka di dunia meliputi BlackRock, Bitwise, Fidelity, dan Franklin Templeton.

Arkham mengumumkan pihaknya telah mengidentifikasi empat daftar alamat terhubung dengan empat Exchange-Traded Fund (ETF) Bitcoin spot baru. Kelompok alamat ini disebut-sebut terkait dengan manajer dana termasuk Blackrock cs.

ETF Bitcoin spot merupakan produk investasi yang membeli dan menyimpan Bitcoin secara langsung, berbeda dengan ETF Bitcoin berjangka yang membeli kontrak berjangka Bitcoin. ETF Bitcoin spot dianggap lebih menguntungkan bagi investor karena tidak memiliki biaya rollover atau premi yang terkait dengan kontrak berjangka.

Menurut postingan blog resminya pada hari Selasa, 23 Januari 2024, Arkham Intelligence telah menemukan empat dari sepuluh ETF Bitcoin spot yang disetujui oleh Securities and Exchange Commission (SEC) AS untuk diperdagangkan di bursa AS. Sebelumnya, perusahaan ini telah mengungkapkan kepemilikan GBTC, produk investasi kripto terbesar di dunia yang dikelola oleh Grayscale.

Dengan penemuan terbaru ini, Arkham telah mengidentifikasi setengah dari jumlah ETF Bitcoin spot di pasar Amerika Serikat. "Arkham telah mengidentifikasi lokasi onchain dari empat ETF Bitcoin," kata perusahaan tersebut pada hari Selasa. "Kami adalah yang pertama secara publik mengidentifikasi alamat-alamat ini."

Arkham mengungkapkan daftar awal alamat, yang diklaim milik Blackrock dan terkait dengan IBIT ETF. Namun, alamat yang diidentifikasi hanya berisi 39.925 BTC, lebih sedikit dari 44.004 BTC yang dilaporkan oleh IBIT. Analisis menunjukkan dana IBIT didistribusikan ke beberapa alamat, masing-masing menampung maksimal 1.200 BTC. Selain itu, ETF EZBC milik Franklin Templeton juga telah teridentifikasi, dengan kepemilikan onchain sejalan dengan angka yang dilaporkan oleh manajer aset tersebut.

Investigasi Arkham juga mengungkap kepemilikan Wise Origin spot bitcoin ETF milik Fidelity, FBTC, yang menunjukkan kepemilikan sebanyak 34.127 BTC. Temuan ini konsisten dengan pembaruan terakhir Fidelity per 23 Januari 2024. Dompet untuk BITB fund milik Bitwise juga telah diidentifikasi, menampung 11.188 BTC. Selain itu, Bitwise mengelola aset kripto tambahan untuk Bitwise 10 Crypto Index Fund, yang dikenal sebagai BITW.

Coinbase Custody mengawasi aset dari semua ETF yang disebutkan di atas, kecuali Fidelity. Fidelity, sebaliknya, menggunakan layanan penitipan sendiri untuk mengelola cadangan bitcoin (BTC)-nya. Dari transaksi tiga ETF lainnya, Coinbase sering muncul sebagai mitra utama. Ketersediaan data onchain soal dana baru ini secara signifikan turut meningkatkan transparansi pasar kripto.