Waspada Penipuan Transaksi <i>Online</i>, Begini Cara Membantu Generasi Lanjut Usia Menggunakan Teknologi dengan Aman
Ilustrasi transaksi digital (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini Kaspersky melakukan penelitian terhadap kelompok lanjut usia terhadap transaksi online dan kepercayaan mereka pada perangkat lunak antivirus yang digunakan.

Penelitian yang berjudul "Mapping a secure path for the future of digital payments in APAC" mengungkapkan menunjukkan bahwa pertimbangan digital tentang keamanan siber dan pembayaran sangat memengaruhi perilaku pembelian konsumen di wilayah tersebut.

Hampir 17 persen pengguna di Asia Tenggara mengakui bahwa mereka lebih suka membayar dengan uang tunai.

“Orang dewasa yang lebih tua bukan berasal dari era internet. Kekhawatiran mereka dapat dimengerti dan harus dilihat sebagai tindakan pencegahan untuk melakukan kesalahan yang dapat merugikan dalam teknologi yang masih mereka pelajari untuk digunakan,” kata Sandra Lee, Managing Director untuk Asia Pasifik di Kaspersky dikutip Kamis 5 Mei.

Untuk membantu generasi senior dalam merangkul teknologi dengan aman saat mereka online, para ahli Kaspersky menyarankan hal berikut:

1. Memasang, meluncurkan, memperbarui, dan menggunakan perangkat serta aplikasi secara efektif merupakan masalah bagi beberapa pengguna yang lebih tua. Kontrol orang tua (Parental controls) tidak hanya untuk membatasi aktivitas pada anak-anak mereka juga dapat digunakan untuk menyederhanakan hal-hal untuk kelompok senior.

Akun pengguna yang dikontrol dapat membantu mengelola komputer, perangkat, dan aplikasi dengan membatasi jumlah opsi yang dapat diakses sehingga menghindari mereka merasa kebingungan dan meluncurkan program secara tidak sengaja. Itu juga dapat memungkinkan login jarak jauh untuk membantu mengelola aktivitas.

2. Pastikan aplikasi dan program disetel untuk diperbarui secara otomatis sehingga mereka selalu memiliki versi terbaru dan teraman.

3. Solusi keamanan dan langkah praktis dapat meminimalkan risiko menjadi korban ancaman dunia maya dan menjaga keamanan informasi keuangan. Manfaatkan solusi keamanan yang andal untuk perlindungan menyeluruh dari berbagai ancaman untuk membantu memeriksa keaslian situs web bank, sistem pembayaran, dan toko online yang Anda kunjungi, serta sebagai membuat koneksi yang aman.

4. Jelaskan secara teratur kepada mereka pentingnya internet yang aman dan praktik kebersihan dunia maya. Ajari mereka tentang cara menyimpan kata sandi secara pribadi, hanya berbagi informasi dengan orang yang dikenal di kehidupan nyata, hanya terhubung ke jaringan rumah saat melakukan transaksi online, dan tidak pernah mengklik tautan yang mencurigakan, dan lain sebagainya.

5. Dorong mereka untuk menghubungi Anda jika mereka memiliki pertanyaan atau memerlukan bantuan di dunia digital

Terkait