Tak Hanya Pengembang, Android 13 Kini Tersedia untuk Publik
Andorid 13 kini tersedia untuk publik (Foto: Android)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah sebelumnya hanya dapat digunakan oleh pengembang, Google mengumumkan bahwa Android 13 beta sekarang tersedia bagi siapa saja yang memiliki perangkat Pixel yang kompatibel untuk diunduh dan dicoba.

Rilisnya datang menjelang konferensi pengembang tahunan Google bulan depan ketika perusahaan diharapkan untuk sepenuhnya merinci rencananya untuk pembaruan yang akan dirilis akhir tahun ini.

"Sekarang sudah bulan April dan kami telah membuat kemajuan yang mantap dalam menyempurnakan fitur dan stabilitas Android 13, membangun tema inti kami tentang privasi dan keamanan, produktivitas pengembang, serta dukungan tablet dan layar besar. Hari ini kami pindah ke fase berikutnya dari siklus kami dan merilis Beta pertama Android 13," kata VP of Engineering Google, Dave Burke.

Untuk pengembang, ada banyak hal yang bisa dijelajahi di Android 13 ini, mulai dari fitur privasi seperti izin notifikasi baru dan pemilih foto, hingga API yang membantu Anda membangun pengalaman hebat, seperti ikon aplikasi bertema, penempatan ubin pengaturan cepat, dan dukungan bahasa per aplikasi, serta kemampuan seperti audio Bluetooth LE dan MIDI 2.0 melalui USB. 

Keystore dan KeyMint, bagian Android yang dapat menangani kunci kriptografi, telah diperbarui untuk memberikan kode kesalahan yang lebih informatif. Ada juga API baru untuk pemutaran audio.

"Di Beta 1, kami telah menambahkan izin baru untuk akses yang lebih terperinci ke file media, API pemutaran audio yang ditingkatkan, dan banyak lagi. Kami akan memiliki lebih banyak untuk dibagikan di Google I/O, yang akan datang pada 11-12 Mei, jadi harap catat tanggalnya!" sambung Burke.

Google berjanji akan terus berfokus pada privasi dan keamanan, sambil memberikan API baru untuk membangun pengalaman hebat penggunanya.

Google kali ini mengundang siapapun untuk mencoba Beta 1 dari ini dan dapat langsung melakukan pendaftaran di website Google Developer sekarang.