Bagikan:

JAKARTA - Honda Motor Co. akan meluncurkan 30 model EV (electric vehicles) pada tahun 2030 dengan volume produksi lebih dari 2 juta kendaraan per tahun. Pernyataan itu muncul dalam konferensi pers, pada Senin malam, 11 April.

Produsen mobil asal  Jepang itu mengatakan akan menghabiskan  40 miliar dolar AS (Rp 574 triliun) untuk elektrifikasi selama sepuluh tahun ke depan. Proyek ini   mencakup membangun arsitektur elektrifikasinya sendiri dan menjajaki peluang pertumbuhan baru dalam eksplorasi ruang angkasa, eVTOL, robot avatar, dan banyak lagi.

Selama dekade berikutnya, Honda juga akan menginvestasikan sekitar  64 miliar dolar AS  (Rp 919,5 triliun) dalam penelitian dan pengembangan, dan tambahan  80 juta dolar AS (Rp 1,1 triliun) per tahun untuk perusahaan rintisan yang dapat membantu pembuat mobil memperluas bisnisnya dan beralih dari penjualan produk  sendiri untuk menawarkan solusi gabungan, menurut Toshihiro Mibe, CEO Honda. Ia juga  mencatat bahwa perusahaan juga akan secara aktif mengejar kolaborasi dan aliansi antar-industri.

Bulan lalu, Honda menggandeng Sony untuk bersama-sama membuat dan menjual EV.

“Honda akan mengandalkan metode pendanaan eksternal berdasarkan kebutuhan,” kata Kohei Takeuchi, SVP Honda, seperti dikutip Tech Crunch.

Bulan lalu, Honda mengatakan akan menerbitkan Obligasi Hijau berdenominasi USD sebesar  2,75 miliar dolar AS (Rp 39,5 triliun), yang akan dialokasikan untuk pengembangan dan produksi kendaraan tanpa emisi. Pada Juni 2021, Honda mengatakan akan menghentikan mobil bertenaga gas sepenuhnya pada tahun 2040.

Honda membahas banyak hal pada Senin lalu, termasuk rencana untuk mengembangkan baterai, komersialisasi EV mini dan banyak lagi.

Honda juga berencana untuk meluncurkan dua EV sport baru di Jepang pada pertengahan dekade ini

Honda berencana untuk memperkenalkan model mini-EV yang sangat murah untuk penggunaan komersial dengan kisaran harga  8.000 dolar AS (Rp 115 juta) di Jepang pada tahun 2024. Setelah itu, Honda akan mulai meluncurkan mini-EV dan EV SUV penggunaan pribadi. “Honda menawarkan mobil ini untuk penggunaan komersial terlebih dahulu karena Jepang tidak memiliki infrastruktur pengisian daya yang diperlukan untuk meluncurkan penyebaran EV skala luas,” kata Mibe.

Pada tahun yang sama di Amerika Utara, Honda juga berencana untuk memperkenalkan dua model EV ukuran sedang hingga besar seperti  Honda Prologue SUV dan Acura SUV, yang saat ini sedang dikembangkan bersama General Motors dengan harga yang bersaing dengan kendaraan ICE.

Baru minggu lalu, Honda mengumumkan kemitraan dengan GM untuk mengembangkan bersama kendaraan listrik pada tahun 2027 di Amerika Utara menggunakan platform Ultium GM yang akan berharga sekitar  30.000 dolar AS (Rp 431 juta). Pembuat mobil ini juga mengatakan akan membangun jalur produksi EV khusus di Amerika Utara.

Selain itu, Mibe menggandakan komitmen Honda sebelumnya untuk meluncurkan 10 model EV baru di China di bawah e:N Series pada tahun 2027, dengan dua model akan mulai dijual tahun ini. Honda juga berencana membangun pabrik EV khusus di Guagzhou dan Wuhan untuk mendukung produksi di salah satu pasar terpentingnya.

Honda juga mengejar peluncuran dua model sport listrik, model khusus dan model unggulan, pada pertengahan dekade, menurut Takeuchi, tetapi tidak jelas apakah mobil-mobil ini akan terjangkau seperti yang diharapkan Honda untuk segera diluncurkan.

Sementara Honda akan bersandar pada kemitraannya dengan GM untuk memanfaatkan arsitektur Ultium dan platform EV, mereka bermaksud untuk membangun arsitekturnya sendiri dengan meningkatkan kemampuan perangkat lunaknya. Honda e: Architecture, yang rencananya akan diperkenalkan perusahaan pada tahun 2026, akan menjadi platform EV yang mencakup lapisan perangkat keras dan perangkat lunak dan terhubung ke cloud.

Seperti banyak pembuat mobil lainnya, Honda melihat potensi kendaraan yang ditentukan perangkat lunak untuk membantu mendatangkan pendapatan berulang melalui aplikasi pihak ketiga. Itu sebabnya ia membangun lapisan aplikasi di atas sistem operasi kendaraan, yang dapat terus diperbarui melalui udara, menurut Mibe.

Usaha Patungan Baterai

Honda mengatakan sedang menjajaki kemungkinan menciptakan usaha patungan Amerika Utara untuk produksi baterai di luar kemitraannya dengan GM, tetapi Mibe tidak mau menyebutkan nama.

Tujuan mereka  adalah untuk memastikan pengadaan baterai lithium-ion cair yang stabil di wilayah tersebut, serta di China dan Jepang, dua pasar utama lainnya. Untuk mendukung hal ini, Honda ingin  memperkuat kerja sama yang sudah ada dengan CATL di China dan untuk mendapatkan baterai untuk mini EV-nya dari Envision AESC di Jepang.

Untuk mempercepat R&D baterai independennya untuk baterai solid-state, Honda menginvestasikan sekitar  343 juta dolar AS (Rp 4,9 triliun) untuk membangun jalur demonstrasi. Honda berharap akan mulai produksi pada musim semi 2024 dan mengadopsi baterai generasi berikutnya ke dalam model yang akan diperkenalkan setelah 2025.

Kurangi biaya

Menurut Mibe, Honda berada di jalur yang tepat untuk mencapai target pengurangan 10% untuk produksi mobil global, dibandingkan dengan biaya yang tercatat pada 2018. Terlepas dari masalah seperti pandemi dan kekurangan semikonduktor, perusahaan mengatakan telah mampu memperketat struktur bisnisnya dan berharap untuk mencapai laba atas penjualan lebih dari 7%.