Microsoft Corp Gagalkan <i>Hacker</i> Rusia, Strontium, Bobol target di Ukraina, Uni Eropa dan AS
Microsoft Cprp, gagalkan upaya hacker Rusia bobol target di Ukraina, Uni Eropa dan AS. (foto: dok. Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft Corp menyatakan pada Kamis, 7 April  bahwa pihaknya telah mengganggu upaya peretasan oleh mata-mata militer Rusia yang bertujuan untuk membobol target Ukraina, Uni Eropa, dan Amerika.

Dalam sebuah posting blog, perusahaan teknologi itu mengatakan sebuah kelompok yang dijuluki "Strontium" menggunakan tujuh domain internet sebagai bagian dari upaya untuk memata-matai badan-badan pemerintah dan think tank di Uni Eropa dan Amerika Serikat, serta lembaga-lembaga Ukraina seperti media. organisasi.

Microsoft tidak mengidentifikasi target apa pun berdasarkan nama mereka. Namun ini sudah cukup menghebohkan.

Strontium adalah moniker Microsoft untuk grup yang sering disebut Fancy Bear atau APT28 - regu peretas yang terkait dengan badan intelijen militer Rusia.

Kedutaan Besar Rusia di Washington tidak segera membalas pesan dari Reuters, yang meminta komentar atas klaim dari Microsoft tersebut.

Ukraina sendiri telah diterpa upaya peretasan sejak pasukan Rusia menyerbu negara itu pada Februari. Namun pihak Rusia terus menerus menolak tuduhan bahwa mereka yang telah melakukan upaya peretasan ini.