Printer 3D AnkerMake M5 Diklaim Bisa Mencetak Lima Kali Lebih Cepat,
Perusahan elektronik Anker meluncurkan printer 3D pertamanya. (Foto: AnkerMake)

Bagikan:

JAKARTA - Anker, perusahaan elektronik yang terkenal dengan paket baterai dan stasiun dok kini meluncurkan printer 3D pertamanya, AnkerMake M5 pada Selasa, 5 April. 

M5 dimulai sebagai proyek Kickstarter, di mana orang menjanjikan uang untuk pengembangan suatu produk, meskipun dalam praktiknya, sering diperlakukan seperti toko pre-order.

Sebagai informasi, Kickstarter adalah platform pendanaan umum terbesar di dunia. Misi perusahaan ini adalah untuk membantu mempersembahkan proyek-proyek kreatif bagi kehidupan manusia

Melansir Cnet, perusahaan mengatakan M5 dapat mencetak lima kali lebih cepat dari printer 3D standar, dengan kecepatan cetak 250 milimeter per detik. Untuk referensi, printer terbaik, Anycubic Vyper, memiliki kecepatan cetak rata-rata sekitar 80 mm/s.

M5 memiliki kamera 1080p built-in yang akan merekam video time-lapse dari cetakan yang sedang berlangsung dan membuatnya mudah untuk diposting ke media sosial. 

Selain itu, M5 juga memiliki luas bangunan 235 kali 235 kali 250mm, yang menempatkannya tepat di tengah kemasan untuk printer 3D mainstream dan dilengkapi dengan lembaran baja fleksibel berlapis PEI.

Dengan adanya kamera, dapat membantu memantau hasil cetak Anda dari jarak jauh. Anker mengklaim AI bawaannya akan memberitahu Anda jika cetakan mengalami kegagalan melalui aplikasi yang diinstal di ponsel Anda.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menautkan beberapa printer secara bersama-sama. AnkerMake bahkan memiliki kontrol suara Google Assistant dan Amazon Alexa untuk memulai dan menghentikan pencetakan.

Fitur lain dalam M5 adalah sensor runout filamen untuk mendeteksi ketika bahan rusak atau habis. AnkerMake M5 akan debut di Kickstarter mulai 6 April. Harga pre-order awal hanya 429 dolar AS atau setara dengan Rp6,06 juta. Sedangkan harga eceran akhirnya adalah 759 dolar AS atau Rp10,6 juta.