Intel Bakal Luncurkan Chip Khusus Penambangan Bitcoin Blockscale
Intel keluarkan chip mining Bitcoin terbaru yang lebih efisien. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Produsen chip manufaktur asal Amerika, Intel, mengumumkan akan meluncurkan chip untuk mining kripto, Blockscale. Intel memberi bocoran terkait sirkuit terintegrasi khusus aplikasi (ASIC) generasi terbaru itu.

Dilansir dari U.Today, chip penambangan Bitcoin generasi kedua mampu menawarkan hash rate yang mengesankan sebesar 580 GH/s sambil mempertahankan efisiensi daya pada 26 J/TH. Chip ini memiliki kemampuan penginderaan tegangan dan temperatur.

Dengan meluncurkan chip tersebut, Intel menjadi ancaman bagi industri pertambangan Bitcoin. Dalam hal ini berpotensi mengguncang dominasi MicroBT dan Bitmain. Keduanya merupakan perusahaan penambangan Bitcoin asal China yang mendominasi sektor industri ini. Blockscale menawarkan efisiensi yang tidak dimiliki oleh produsen ASIC.

Bitcoin Magazine melaporkan, Jose Rios, General Manager Solusi Bisnis dan Blockchain Grup Sistem Komputasi dan Grafik Terakselesari Intel, mengatakan Blockscale ASIC akan berperan besar membantu perusahaan penambangan Bitcoin mencapai sasaran keberlanjutan dan penambahan hash rate di masa depan.

Chip penambangan Bitcoin generasi terbaru itu dapat diperoleh pelanggan pada kuartal ke-3 tahun 2022 mendatang. Sejumlah perusahaan penambangan kripto termasuk Argo Blockchain dan Hive Blockchain telah mengantre untuk mendapatkan ASIC teranyar buatan Intel ini.

Terkait