Bagikan:

JAKARTA - Fintech milik Jack Dorsey, Block, dikabarkan telah membeli chip penambangan Bitcoin (BTC) dari Intel guna meningkatkan rencana produksi peralatannya. Dilansir dari DailyHodl, pembelian ASIC (Application-Specific Integrated Circuit) chips dari Intel akan mempercepat rencana Block untuk memasuki pasar penambangan Bitcoin.

Block sebelumnya telah merancang ASIC mereka sendiri ketika muncul kesempatan untuk membeli peralatan dari Intel, karena Intel dikabarkan akan menghentikan produksi ASIC mereka.

"Dalam setahun terakhir, kami menyelesaikan desain ASIC penambangan Bitcoin yang tinggi kinerjanya pada node semikonduktor 5-nanometer. Rencana awal kami adalah melakukan tape out lengkap dari desain ini pada kuartal ini. Namun, ketika kami merencanakan tape out ini, kami mengetahui kesempatan untuk membeli volume besar ASIC penambangan Bitcoin dari Intel, dan baru saja menyelesaikan perjanjian pembelian dengan Intel. Akses langsung ke ASIC produksi ini mempercepat pengembangan sistem penambangan kami, memungkinkan kami untuk masuk ke pasar dengan lebih cepat," tulis Block dalam postingan blognya.

Block juga menyatakan bahwa pembelian ini memungkinkan mereka untuk fokus pada desain chip cutting-edge 3-nanometer mereka sendiri. Perusahaan mengatakan sedang dalam proses finalisasi desain chip 5-nanometer untuk penambangan Bitcoin.

"Selain itu, kami sekarang dapat fokus pada tim desain kami secara eksklusif dalam pengembangan ASIC 3-nanometer yang cutting edge. Dalam mendukung pengembangan ASIC 3-nanometer kami, bulan ini kami melanjutkan dengan pembuatan prototipe dari desain 5-nanometer kami yang sudah rampung,” tambah keterangan blog resmi Block.

“Ini merupakan tonggak yang menggembirakan yang akan memungkinkan kami untuk bereksperimen dengan variasi desain, memvalidasi pekerjaan desain kami, dan mengkalibrasi pengujian kami pada silikon asli. Kami berharap menerima prototipe kembali pada musim gugur ini. Mereka akan menjadi input yang berharga dalam pekerjaan pengembangan ASIC 3-nanometer kami," lanjut postingan tersebut.

Block mengatakan mereka memutuskan untuk memasuki pasar peralatan penambangan Bitcoin karena mereka memiliki pengalaman dalam ASIC, yang mereka gunakan untuk aplikasi pembayaran point-of-sales mereka, serta untuk integritas jaringan Bitcoin secara keseluruhan.

"Dan mungkin yang paling penting, motivasi utama kami untuk inisiatif ini adalah untuk meningkatkan desentralisasi, transparansi, dan ketahanan jaringan Bitcoin," ungkap Block.