Intel Segera Luncurkan Chip untuk Aplikasi <i>Blockchain</i>, Perusahaan Jack Dorsey Sudah Pesan
Intel ingin meraih keuntungan pada maraknya aplikasi blockchain. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Intel Corp pada Jumat, 11 Februari  meluncurkan chip baru untuk aplikasi blockchain, seperti penambangan Bitcoin dan pencetakan NFT, untuk menguangkan peningkatan penggunaan cryptocurrency.

menurut laporan Reuters, chip tersebut akan dikirimkan akhir tahun ini. Pelanggan pertama chip ini adalah Block Inc, perusahaan yang dipimpin Jack Dorsey yang baru-baru ini mengubah namanya dari Square Inc. Perusahaan tersebut kini fokus pada pengembangan blockchain.

Blockchain berfungsi sebagai buku besar publik yang menyimpan catatan transaksi di jaringan komputer dan semakin menonjol dalam beberapa tahun terakhir. Kebangkitan mereka juga memicu desas-desus seputar kata-kata seperti "Web.3" dan "NFT" yang menggembar-gemborkan desentralisasi teknologi.

Intel mengatakan chipnya adalah "akselerator" hemat energi yang dirancang untuk mempercepat tugas-tugas blockchain yang membutuhkan daya komputasi dalam jumlah besar dan dengan demikian menghabiskan banyak energi.

Perancang chip Nvidia Corp, yang kartu grafisnya digunakan secara luas untuk aktivitas penambangan, juga memiliki chip terpisah yang dimaksudkan untuk penambangan Ethereum.

Sebagai bagian dari memajukan jejaknya di ruang angkasa, Intel juga telah membentuk segmen baru yang disebut Custom Compute Group dalam unit bisnis Sistem Komputasi dan Grafik yang Dipercepat.

Ini menandai kebangkitan Intel untuk terus bersaing di teknologi chip yang kini banyak diramaikan oleh para pesaingnya, termasuk TSMC.