Wow! Kenaikan PPN 11 Persen Berimbas pada Transaksi dalam Gim Mobile Legend dan PUBG Mobile
Kenaikan PPN 11 persen berimbas terhadap transaksi gim Mobile Legend, Free Fire, PUBG Mobile, dan Genshin Impact (Foto: Mobile Legend)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah secara resmi menaikkan besaran tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang tadinya 10 persen menjadi 11 persen, mulai 1 April 2022 lalu.

Kenaikan PPN ini  menimbulkan banyak pertanyaan apakah akan berimbas terhadap voucher gim atau tidak. Namun, pada hari yang sama dalam siaran persnya, Marketing and Operation Manager Wallet Codes Indonesia, Vita Paulina memastikan belum ada pembahasan untuk menaikkan harga voucher gim untuk menyesuaikan dengan kebijakan tersebut.

Menurut Vita, adanya kebijakan kenaikan harga PPN ini Wallet Codes Indonesia telah melakukan strategi penyesuaian.

Sebagai informasi, Wallet Codes memiliki 15 produk, diantaranya adalah Steam Wallet, UC PUBG Mobile, Mobile Legends Diamonds, Point Blank Cash, Ayodance Megaxus Mi Cash, Roblox Gift Card, Free Fire Diamonds, LifeAfter Credits, Ragnarok M Eternal Love BCC, Lords Mobile Diamonds, Call of Duty Cash, Saint Seiya Awakening Coupons, Valorant Points, Google Play Gift Card, dan Playstation Network Cards.

Kenaikan PPN 11 persen berimbas kepada proses transaksi dalam gim (in-game purchase) melalui Google PlayStore. PPN ini dikenakan bagi pengguna Android yang ingin melakukan top-up mata uang dalam gim.

Salah satu contohnya adalah kenaikan harga saat ingin membeli Twilight Pass (Starlight Member) dalam gim MLBB. Umumnya, harga Twilight Pass adalah Rp 149.000, setelah dikenakan PPN, harganya kini menjadi Rp 165.390. Padahal sebelumnya, pemain hanya perlu membayar sebesar Rp 163.900.

Tidak hanya berlaku pada transaksi di Mobile Legend, di beberapa gim populer lainnya seperti Genshin Impact, PUBG Mobile, Free Fire juga dikenakan beban PPN 11 persen.

Terkait