11 Tahun Berkiprah, Gim FarmVille Gulung Tikar
Gim FarmVille (dok. Zynga)

Bagikan:

JAKARTA - Sebelum media sosial seperti sekarang ini, Facebook sering kali menjadi tempat bermain gim yang asyik. Salah satunya gim legendaris, FarmVille. Sayangnya, gim ini akan segera ditutup.

Kabar menyedihkan ini datang dari pengembang gim FarmVille, Zynga. Setelah 11 tahun berkiprah, kini gim itu bakal segera tinggal kenangan karena sudah mulai sepi peminat.

Dikutip dari Engadget, Selasa 29 September, Zynga mengatakan bahwa mereka akan menutup gim tersebut pada 31 Desember mendatang. Zynga menyadari bahwa gim buatannya itu saat ini jumlah penikmat gim tersebut sudah sangat rendah.

“Kami sadar bahwa banyak dari Anda telah bersama kami sejak awal, membantu membangun komunitas pemain global yang luar biasa selama bertahun-tahun yang telah menikmati permainan ini sama seperti kami. Untuk itu kami ucapkan terima kasih," ungkap Zynga dalam keterangan tertulisnya.

Namun, Zynga masih memberikan pemain kesempatan untuk melakukan pembelian dalam aplikasi hingga 17 November, dan setelah itu para pengguna tidak akan lagi dapat membeli apapun. Setelahnya, kredit yang tersisa dapat lagi digunakan sebelum benar-benar ditutup.

Sebagai informasi, FarmVille merupakan gim simulator bertani yang memungkinkan teman-teman bekerja bersama sebagai tetangga dan memposting semua hasilnya di timeline Facebook mereka.

Selama bertahun-tahun lamanya, gim ini merupakan gim yang paling banyak dimainkan di jejaring sosial Facebook. Meski FarmVille juga harus bersaing dengan gim lainnya.

Tidak ada lagi harapan, karena dengan rencana Adobe untuk berhenti mendistribusikan dan memperbarui Flash Player pada browser web, pengembang FarmVille sudah matang memutuskan untuk menghentikan gim tersebut, selain mungkin jumlah gamer-nya yang kian menipis.