Mulai Bulan Ini Telkomsel Akan Matikan Jaringan Lawas 3G dan Beralih ke 4G/LTE
Telkomsel akan melakukan proses peningkatan atau pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE . (foto: Dok. Telkomsel)

Bagikan:

JAKARTA - Beberapa waktu lalu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate meminta operator seluler di Tanah Air untuk mematikan jaringan 3G dan beralih ke 4G. Kini, salah satunya Telkomsel, akan segera melakukan peralihan.

Telkomsel akan melakukan proses peningkatan atau pengalihan (upgrade) layanan jaringan 3G ke 4G/LTE di 504 kota atau kabupaten hingga akhir 2022 nanti.

Proses upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE tersebut akan dilakukan secara berkala, dengan tahap pertama di mulai pada Maret hingga Mei 2022 di 90 kota atau kabupaten, yang mencakup 766 kecamatan.

Sedangkan untuk tahap berikutnya akan dilanjutkan upgrade jaringan 3G ke 4G/LTE di 132 kota atau kabupaten pada Juni hingga Juli 2022. Kemudian 178 kota atau kabupaten di Agustus hingga Oktober 2022, dan 104 kota atau kabupaten pada November sampai dengan Desember 2022.

“Melalui pemerataan jaringan broadband terdepan ini, akan ada semakin banyak kesempatan yang terbuka bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati dan memaksimalkan pengalaman akses broadband 4G/LTE yang lebih merata, cepat, stabil, dan dapat diandalkan. Baik dalam memaksimalkan aktivitas digital sehari-hari maupun mengakselerasi transformasi digital. Terutama dalam mendukung aktivitas bisnis hingga tingkat masyarakat di pelosok negeri," ujar Direktur Network Telkomsel Nugroho dalam keterangan yang diterima VOI, Sabtu, 26 Maret.

Untuk memastikan proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE secara bertahap dan terukur di seluruh wilayah di Indonesia dapat berjalan baik dan tidak mengurangi kenyamanan pelanggan, Telkomsel telah memiliki persiapan teknis, sosialisasi kepada pelanggan, hingga tahapan mitigasi secara optimal, yang dilakukan hingga tingkat kecamatan di kota atau kabupaten yang akan menjalani proses upgrade.

Selain itu, Telkomsel juga akan terus melakukan pengkajian yang terukur dari setiap proses upgrade layanan 3G ke 4G/LTE di total 504 kota/kabupaten untuk setiap periodenya. Pemutakhiran data, jadwal dan action plan juga akan terus dilakukan dengan menyesuaikan perkembangan proses pelaksanaan baik secara teknis maupun kesiapan ekosistem penggunaan di tingkat pelanggan.

Tak luput, Telkomsel mengimbau masyarakat yang masih menggunakan layanan 3G agar segera melakukan migrasi atau beralih ke layanan 4G/LTE untuk dapat menikmati pengalaman akses broadband yang lebih baik.

Bagi pelanggan yang ingin menukarkan atau mengganti kartu SIM non 4G ke kartu uSIM 4G, Telkomsel menghadirkan opsi mekanisme yang luas, baik secara online maupun offline.

Pada mekanisme online, pelanggan dapat melakukan pergantian kartu dengan mengakses akun resmi media sosial Facebook dan Twitter Telkomsel, Virtual Assistant (VA) Telkomsel, mitra e-commerce (Shopee, Tokopedia, Bukalapak, JD.ID), serta memanfaatkan layanan GraPARI Online.

Bagi pelanggan yang sudah upgrade/migrasi ke layanan 4G/LTE, tetap bisa menggunakan layanan telepon seperti biasa, dengan memaksimalkan jaringan 2G dan 4G/LTE yang tersedia di setiap wilayah.