Google Hapus Fitur Pesan di YouTube? Jangan Khawatir, Berikut Cara Mengirim Pesan ke Youtuber Favorit Anda
Cara mengirim pesan ke seseorang di YouTube meski Google sudah menghapus fitur pesan (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Google telah menghapus opsi perpesanan pribadi dari YouTube sejak tahun 2019 lalu. Jika Anda merasa ingin sekali berbincang dengan kreator YouTube, masih ada jalan keluarnya untuk itu.

Karena Anda tidak dapat mengirim pesan langsung ke seseorang di YouTube, Anda dapat mengirim email langsung atau menghubungi pembuat video atau admin saluran melalui profil media sosial mereka.

VOI akan menunjukkan cara mengirim pesan ke Youtuber melalui alamat email atau tautan sosial mereka.

Cara Mengirim Pesan ke Seseorang di YouTube

Mengirim pesan ke saluran di Youtuber hanya melibatkan beberapa klik. Pertama, Anda hanya perlu masuk ke akun Anda di YouTube, dan ikuti langkah-langkah ini untuk memulai.

Untuk mengirim pesan kepada seseorang melalui alamat email yang tercantum di saluran YouTube mereka:

  1. Gunakan bilah pencarian di bagian atas aplikasi web untuk mencari saluran atau orang yang ingin Anda kirimi pesan. Atau Klik nama pengguna atau spanduk langsung di bawah video untuk membuka saluran pembuat.
  2. Buka Tentang.
  3. Selanjutnya, gulir ke bawah dan klik LIHAT ALAMAT EMAIL. Anda hanya akan melihat opsi ini jika pembuat telah menautkan saluran dengan alamat email.
  4. Jika diminta, centang tanda centang di dalam kotak re-CAPTCHA I'm not a robot dan tekan Kirim untuk mengungkapkan alamat email saluran.
  5. Klik alamat email yang terdaftar, atau salin dan tempel ke klien email untuk mengirim email langsung ke pemilik saluran.

Cara Mengirim Pesan ke YouTuber melalui Profil Sosialnya

Jika seorang Youtuber tidak memiliki alamat email yang ditautkan ke salurannya, ada opsi lain yang dapat Anda coba. Sebagian besar pembuat menautkan profil media sosial mereka seperti LinkedIn, Twitter, Facebook, dan lainnya ke saluran YouTube mereka.

Anda dapat mengakses opsi media sosial ini dengan mengunjungi halaman Tentang di saluran YouTube.

Menggulir ke bawah dan mengklik akun sosial mereka di bawah bagian Tautan akan membawa Anda ke halaman profil media sosial mereka. Anda juga dapat melihat tautan profil media sosial mereka di sudut kanan bawah spanduk saluran mereka di bagian atas.

Setelah Anda masuk ke profil sosial YouTuber, Anda kemudian dapat mencoba mengirimi mereka pesan langsung dari sana.

Kirim Obrolan Publik

Mengirim pesan publik adalah cara lain untuk menjangkau pemilik saluran di YouTube, asalkan mereka tidak menonaktifkan komentar di video YouTube. Namun, pesan yang Anda kirim di sini tidak bersifat pribadi, dan semua orang dapat melihatnya.

Untuk mengirim obrolan atau komentar publik di YouTube, buka beranda saluran dan klik tab Komunitas (jika ada). Selanjutnya, tinggalkan komentar pada salah satu posting mereka yang diterbitkan (jika ada).​

Jika Anda ingin menjangkau tentang video tertentu, Anda dapat menggunakan ikon pencarian di bagian atas halaman saluran untuk mencari video yang dimaksud. Selanjutnya, klik video tersebut dan gulir ke bawah ke bagian komentar. Ketik pesan Anda di kolom komentar dan tekan Komentar.