Bagikan:

JAKARTA - Bandcamp mengumumkan bergabung dengan Epic Games, pada 2 Maret. 

"Saya senang mengumumkan bahwa Bandcamp bergabung dengan Epic Games, yang mungkin Anda kenal sebagai pembuat Fortnite dan Unreal Engine, dan juara untuk Internet yang adil dan terbuka," kata Ethan Diamond, CEO Bandcamp dalam keterangan tertulisnya.

Ethan mengatakan bandcamp masih akan terus beroperasi sebagai pasar mandiri dan komunitas musik. Bandcamp Fridays juga akan berlanjut seperti yang direncanakan, dan Daily akan terus menyoroti musik yang beragam dan menakjubkan di situs ini.

"Namun, di balik layar kami bekerja dengan Epic Games untuk memperluas secara internasional dan mendorong pengembangan ke depan di seluruh Bandcamp, dari dasar-dasar seperti halaman album kami, aplikasi seluler, alat merchandise, sistem pembayaran, dan fitur pencarian dan penemuan, hingga inisiatif yang lebih baru seperti pencetakan vinil kami dan layanan streaming langsung," ungkap Ethan.

Sejak didirikan pada tahun 2008, Bandcamp dimotivasi oleh misinya, yaitu membantu menyebarkan kekuatan penyembuhan musik dengan membangun komunitas tempat para seniman berkembang melalui dukungan langsung dari penggemar mereka.

Ethan mengungkapkan bahwa dirinya selama bertahun-tahun telah mendengar banyak sekali perusahaan lain yang menginginkan Bandcamp untuk bergabung dengan mereka.

"Kami selalu merasa bahwa hal itu hanya akan menyenangkan jika mereka sangat percaya pada misi kami, selaras dengan nilai-nilai kami, dan tidak hanya ingin lihat Bandcamp melanjutkan, tetapi juga ingin menyediakan sumber daya untuk membawa lebih banyak manfaat bagi artis, label, dan penggemar yang menggunakan situs tersebut," lanjutnya.

Kehadiran Epic Games yang mencentang semua kotak keinginan Bandcamp, hal tersebutlah membuat mereka ingin berbagi visi untuk membangun ekosistem yang terbuka dan ramah untuk seluruh seniman di dunia.

Bandcamp berharap kerjasamanya ini akan dapat menciptakan lebih banyak peluang bagi seniman untuk mendapatkan kompensasi yang adil atas karya mereka.

"Baik Anda bergabung dengan Bandcamp baru-baru ini atau telah bersama kami sejak awal 14 tahun yang lalu, terima kasih telah menjadi bagian dari komunitas yang luar biasa ini, dan kami berharap dapat melayani Anda selama bertahun-tahun yang akan datang!" kata dia.