Selain di SPKLU, Pemilik Mobil Listrik Dapat Isi Batera di Rumah
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) (Foto: VOI)

Bagikan:

JAKARTA – Pada  masa yang semakin canggih saat ini, perkembangan mobil listrik atau sering disebut dengan Electric Vehicles (EV)  semakin maju. Pabrik mobil yang terkenal dengan pengalaman berkendara, seperti BMW dan Porsche telah membangun kendaraan hybrid dan kendaraan listrik dengan mengutamakan dinamika berkendara.

Salah satu bagian terbaik dari memiliki mobil listrik (EV) adalah merasakan kecepatan dan penanganan yang luar biasa yang dulunya hanya disediakan untuk mobil sport dan sedan mewah.

Performa mobil juga bergantung pada spesifikasi kendaraan apa yang Anda gunakan. Anda harus merasakan nyaman dan senang ketika berada di balik kemudi. Maka dari itu, penting untuk Anda mempertimbangkan jenis EV apa yang akan anda pilih.

Haruskah Miliki Kendaraan Listrik?

Ya! Membeli kendaraan listrik akan memberikan beberapa manfaat untuk Anda. Misalnya Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli bensin lagi. Jangkauan jarak sama baiknya dengan kendaraan biasa, bahkan bisa lebih baik tergantung dari pilhan kendaraan Anda.

Di mana Tempat Mengisi Daya Mobil Listrik

Prinsip pengisian baterai mobil listrik sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pengisian baterai ponsel. Jika Anda sudah mempertimbangkan untuk membeli mobil listrik, saatnya untuk mencari tahu tempat Anda mengisi daya.

Untuk menghadapi kebutuhan ini, pemerintah bersama dengan pihak swasta juga sudah siapkan ratusan charging station untuk para pengguna kendaraan listrik (Electric Vehicle/EV).

  1. Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU)

Saat ini PLN sudah mengeluarkan aplikasi “Charge In” untuk mempermudah Anda menemukan lokasi tempat pengisian daya baterai mobil listrik. Biasanya pengemudi hanya membutuhkan waktu sekitar 2 - 4 jam untuk mengisi daya pada baterai mobil listrik dari 0 hingga 100 persen. Tapi, apabila menggunakan sistem fast charging mungkin hanya memerlukan waktu kurang dari 1 jam.

  1. Mengisi Daya Rumah

Saat ini pengisian daya listrik tidak harus dilakukan di SPKLU tetapi juga bisa dilakukan di rumah. Namun, karena rata-rata daya listrik di rumah menggunakan 900 W - 1300 W, maka penting bagi pemilik rumah untuk menambah daya sesuai dengan kapasitas mobil listrik. Pengisian daya mobil listrik di rumah biasanya menghabiskan waktu lebih lama sekitar belasan jam jika dibandingkan mengisi daya di SPKLU.

Cara pengisian baterai pada mobil listrik

On-board Charger

On-board merupakan pengisi daya mobil listrik yang charger-nya sudah terpasang pada mobil. Charger inilah yang berfungsi mengubah arus AC dari sumber eksternal menjadi arus DC yang akan disimpan pada baterai. Sebagian besar mobil listrik yang kita jumpai menggunakan On-board Charger.

Off-board Charger

Kebalikan dengan On-board charger, Off-board charger merupakan pengisi daya mobil listrik yang chargernya terpisah. Arus pada charger sudah berbentuk DC sehingga tidak perlu dikonversi lagi ketika akan disuplai ke baterai.