Menanti PlayStation 5 <i>Showcase</i>
Jadwal Sony PlayStation 5 (dok. Sony PlayStation)

Bagikan:

JAKARTA - Sony telah mengumumkan event khusus untuk PlayStation 5 pada dini hari nanti, sekitar pukul 01.00 WIB. Acara ini bakal disiarkan secara live streaming di Twich dan YouTube.

Pada kesempatan itu pula, Sony akan memperlihatkan wujud fisik dari konsol gim PlayStation 5. Termasuk pula informasi mengenai harga dan tanggal perilisannya PS5.

Di mana sejauh ini, Sony baru saja membuka tautan pendaftaran untuk pre-order PS5. Sedangkan Microsoft sudah lebih dulu mengumumkan harga resmi untuk konsol Xbox Series S dan Series X. 

Xbox Series S dan Series X dipastikan bakal meluncur pada 10 November 2020. Kedua konsol ini dibanderol dengan harga 299 dolar AS atau sekitar Rp4,4 juta untuk Series S dan 499 dolar AS atau sekitar Rp7,4 juta untuk Xbox Series X.

Produksi Terbatas

Ada rumor jika Sony bakal memangkas jumlah produksi dari PS5 yang bakal dirilis musim libur Natal mendatang. Menurut laporan Bloomberg, hal ini dikarenakan masalah ketersediaan komponen untuk merakit PS5.

Dilansir dari The Verge, Sony berencana untuk memangkas jumlah produksi hingga empat juta unit dari rencana sebelumnya. Akibat pemangkasan ini, jumlah produksi PS5 hingga Maret 2021 diperkirakan hanya mencapai 11 juta ini.

Rencana ini jelas berubah dari laporan sebelumnya yang menyebut Sony bakal menggenjot produksi PS5 hingga 10 juta unit hingga akhir Desember 2020. Hal ini terjadi karena masalah komponen yang didesain oleh AMD.