Israel Sita 30 Alamat Dompet Digital Uang Kripto yang Digunakan untuk Pendanaan Teroris
Israel sita alamat dompet kripto yang digunakan untuk pendanaan teroris dalam kripto. (Foto; PIRO4D - Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Baru-baru ini Kementerian Pertahanan Israel dikabarkan telah menyita 30 dompet digital milik bisnis yang terkait dengan perusahaan pertukaran Al-Mutahadun. Pihak berwenang menuduh yang terakhir digunakan untuk mendanai organisasi teroris Hamas sebagaimana dilansir dari Cryptopotato.

Pada tahun 2021, Al-Mutahadun merupakan salah satu perusahaan yang ditetapkan sebagai entitas pendanaan teroris oleh pejabat Israel. Secara khusus, mereka mengklaim bahwa perusahaan milik keluarga Shamlah “membantu kelompok teror Hamas, dan terutama sayap militernya, dengan mentransfer dana sebesar puluhan juta dolar per tahun.”

The Times of Israel melaporkan bahwa Kementerian Pertahanan, polisi, dan militer melakukan operasi bersama, menyita 30 dompet cryptocurrency dari 12 akun milik Al-Mutahadun. Aparat penegak hukum mengungkapkan bahwa aset digital yang disita setara dengan puluhan ribu shekel.

“Kami terus memperluas alat kami untuk menangani terorisme dan dengan perusahaan yang memasoknya dengan pipa oksigen ekonomi,” imbuh Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz.

Selain itu, dia memuji tindakan semua organisasi yang ambil bagian dalam operasi tersebut. “Kami akan terus bekerja sama untuk memerangi teror dengan cara apa pun,” tambah Gantz.

Cryptocurrency dikaitkan dengan perselisihan Israel-Palestina. Awal tahun ini, pemerintah Israel menyita aset digital senilai lebih dari 800.000 dolar AS dari sebuah perusahaan yang terkait dengan Hamas.

Musim panas lalu, Biro Nasional Israel untuk Kontra Pendanaan Teror menyita 7,7 juta dolar AS (Rp110 miliar) dalam kripto dari 84 alamat. Mirip dengan kasus yang disebutkan di atas, pihak berwenang berpendapat bahwa dana tersebut dimaksudkan untuk membiayai kelompok teroris Islam Hamas.

Sesuai perintah penyitaan, menjadi jelas bahwa stablecoin Tether (USDT) adalah aset digital yang paling banyak digunakan oleh organisasi. Bitcoin (BTC), Tron (TRX), Ethereum (ETH), dan Dogecoin (DOGE) adalah aset lain di lima besar.

Ketegangan antara Israel dan Palestina tampaknya telah mereda baru-baru ini. Namun, ini tidak terjadi tahun lalu ketika kedua belah pihak menyatakan perang satu sama lain.

Sementara Israel adalah salah satu ekonomi pasar berteknologi maju dan bergantung pada stabilitas keuangannya, Palestina menghadapi masalah signifikan di bidang itu. Dengan demikian, Otoritas Moneter Palestina mengungkapkan niat untuk mengeluarkan mata uang digitalnya sendiri. Menurut beberapa ahli, upaya ini dapat memberikan negara tingkat kemandirian finansial yang lebih tinggi.

“Akibatnya, mereka [Palestina] terkadang harus meminjam untuk menutupi pembayaran valuta asing kepada pihak ketiga dan terjebak dengan banyak uang kertas Israel. Itu bisa menjadi salah satu alasan mata uang digital akan menarik bagi sistem moneter Palestina,” kata Otoriras Keuangan Palestina.