Streaming Anime Kini Bisa Lewat Nintendo Switch Berkat Kedatangan Crunchyroll
Crunchyroll sekarang tersedia di Nintendo Switch. (foto: Dok. Crunchyroll)

Bagikan:

JAKARTA - Crunchyroll sekarang tersedia di Nintendo Switch. Mulai Jumat, 18 Februari, layanan streaming anime itu akan tersedia untuk diunduh dari Switch eShop secara gratis.

Nantinya, Crunchyroll bakal memberi pemirsa akses penuh ke puluhan ribu episode anime. Sebenarnya, aplikasi Crunchyroll telah tersedia sejak lama di konsol pesaing, TV pintar, dan perangkat berkemampuan streaming lainnya.

Switch terkenal tidak memiliki aplikasi streaming dan pilihan hiburan non-gim dibandingkan dengan konsol Microsoft dan Sony. Maka perusahaan menghadirkan Crunchyroll ke dalam konsolnya. Dengan harapan akan menjadi pengalaman yang jauh lebih baik dibandingkan aplikasi Crunchyroll di platform lain.

Aplikasi bertenaga Unreal Engine itu bergabung dengan sesama layanan streaming anime Funimation, yang telah tersedia di Switch sejak akhir 2020.

Melansir Digital Trends, Jumat, 18 Februari, Crunchyroll bertujuan untuk membedakan dirinya dengan menjadi aplikasi streaming pertama yang menawarkan tampilan offline di Switch.

Perusahaan memang menawarkan layanan berlangganan yang menghapus iklan dan memungkinkan pemirsa menonton episode saat ditayangkan perdana di Jepang, tetapi mereka yang tidak berlangganan masih dapat menonton episode dengan iklan.

Bahkan dengan penambahan Crunchyroll, berbagai aplikasi streaming dan hiburan Switch tidak sebagus Xbox dan PlayStation. Sebelum rilis Crunchyroll, pemain Switch hanya dapat memilih dari lima layanan streaming video, seperti Funimation, Hulu, Twitch , YouTube, dan Pokémon TV, yang menayangkan episode anime Pokémon.

Mereka yang menggunakan Switch sebagai perangkat hiburan utama, tidak dapat mengakses Netflix, YouTube TV, Peacock, HBO, atau banyak layanan streaming utama lainnya dengan jenis non-gim.

Sementara masuknya Crunchyroll membawa beberapa harapan untuk masa depan hiburan non-gim di Switch. Sebab, Nintendo biasanya hanya berfokus pada gim di atas segalanya, jadi jangan berharap konsol tersebut tiba-tiba menjadi platform streaming non-gim.