Bagikan:

JAKARTA - Google baru saja mengumumkan sistem operasi baru, Chrome OS Flex, OS berbasis cloud gratis yang dibuat untuk mengubah PC atau Mac lama menjadi Chromebook.

OS baru ini ternyata telah dikembangkan oleh Google beberapa tahun setelah mengakuisisi Neverware, pembuat CloudReady, pada 2020. Ini dibuat untuk sekolah dan bisnis yang memiliki PC atau Mac lama yang macet setelah digunakan selama bertahun-tahun.

Namun, siapa pun yang memiliki akses ke drive USB dapat menggunakannya untuk memberikan PC yang lebih lama atau mungkin bahkan yang bertenaga rendah memiliki kesempatan hidup baru.

Dalam hal ini, Google memiliki ide untuk menghadirkan pengalaman Chrome OS Flex yang lengkap ke hampir semua komputer. Tetapi, masalah utama yang harus dihadapi adalah banyaknya konfigurasi PC di luar sana yang bisa menghambat pengadopsian Chrome OS Flex.

Direktur Manajemen Produk Google untuk Chrome OS, Thomas Riedl, mengatakan bahwa pengalaman penginstalan masih sedikit sulit bagi konsumen jika mereka harus masuk ke BIOS dan mengonfigurasi mesin mereka untuk boot dari drive USB.

Baik Chrome OS dan Chrome OS Flex menggunakan basis kode yang sama dan akan mengikuti irama rilis yang sama. Bagi pengguna, kedua sistem harus terlihat dan terasa hampir identik. Google sangat jelas, bahwa ini masih merupakan rilis yang sangat awal dan sayangnya pengguna belum dapat mengharapkan semuanya bekerja dengan sempurna.

Melansir TechCrunch, Rabu, 16 Februari, kemudian, apakah Google akan membawa aplikasi Android? Juru bicara Google mengatakan, tim saat ini fokus untuk membuat pengalaman OS tersebut, tetapi tidak memiliki rencana untuk menambahkan dukungan untuk Google Play Store dan Aplikasi Android ke Chrome OS Flex.

“Tetapi tentu saja, kami terus mengevaluasi cara meningkatkan Chrome OS Flex di masa mendatang,” kata juru bicara tersebut.

Sayangnya, sistem operasi anyar ini hanya dapat digunakan untuk Mac lawas, bukan yang terbaru terutama perangkat M1 yang lebih baru. Karena didasarkan pada karya CloudReady, ada juga komponen perusahaan di sini.

Semua kemampuan manajemen IT biasa yang berlaku untuk Chrome OS juga berlaku untuk Chrome OS Flex. Perusahaan juga dapat menerapkan lisensi Chrome OS mereka ke perangkat Chrome OS Flex.