Main-main dengan Regulator Belanda Soal Aplikasi Kencan, Apple Didenda Rp80,9 Miliar
Apple kembali mendapat denda 5 juta euro dari regulator di belanda. (foto: Dok. Apple).

Bagikan:

JAKARTA - Apple sepertinya senang bermain-main dengan regulator Belanda. Terlihat bahwa perusahaan gagal menuruti perintah Autoriteit Consumer & Market (ACM) untuk mengizinkan aplikasi kencan menggunakan pembayaran non-Apple.

Diungkapkan ACM, Apple mendapat denda kembali 5 juta euro atau setara Rp80,9 miliar. Pengawas antimonopoli negara itu mengatakan raksasa teknologi tersebut menerapkan kondisi yang tidak masuk akal kepada penyedia aplikasi kencan lokal, yang ingin menggunakan teknologi pembayaran non-Apple di aplikasi mereka.

"Kondisi penyesuaian yang ditetapkan Apple untuk penyedia aplikasi kencan tidak masuk akal dan menciptakan penghalang yang tidak perlu," kata ACM dalam keterangan resminya.

“Persyaratan baru menyatakan bahwa jika mereka ingin menggunakan sistem pembayaran alternatif, penyedia aplikasi kencan harus membuat aplikasi baru dari awal. Apple telah memberi tahu ACM tentang hal ini. Penyedia aplikasi tidak dapat mengubah aplikasi mereka yang sudah ada," imbuhnya.

Denda total Apple, termasuk hukuman sebelumnya karena gagal mematuhi perintah regulator, sekarang mencapai 20 juta euro atau setara Rp321 miliar.

Diwartakan sebelumnya, ACM memerintahkan Apple menyediakan aplikasi kencan lokal dengan kemampuan menggunakan teknologi pembayaran alternatif untuk pembelian dalam aplikasi pada Agustus tahun lalu, setelah menyelidiki sejumlah keluhan.

Meskipun penegakan perintah itu ditunda hingga bulan lalu, setelah Apple berusaha untuk menantangnya di pengadilan. Usai keputusan pada Desember tahun lalu, Apple hanya memiliki batas waktu awal pertengahan Januari untuk mematuhi perintah ACM.

Namun di sini, Apple sering kali bimbang. Awalnya menuruti perintah ACM keesokannya, itu berubah kembali. Sejak saat itu, regulator telah mengeluarkan denda lain, dan menyatakan masih belum puas bahwa Apple tidak mematuhi semua persyaratan.

Melansir TechCrunch, Selasa, 15 Februari, ACM percaya bahwa ini adalah kondisi yang tidak masuk akal yang bertentangan dengan persyaratan yang ditetapkan oleh ACM. Apple masih belum memenuhi persyaratan ACM saat ini.

Denda Apple atas perintah ACM dapat meningkat lebih jauh hingga maksimum 50 juta euro, jika pengontrol App Store terus menyeret kakinya untuk menjauh dari tuntutan regulator.

Untuk kali ini, batas waktu bagi Apple harus mematuhinya adalah Senin depan ketika regulator akan kembali memutuskan apakah akan memukul Apple dengan denda 5 juta euro lagi atau tidak.