Pertemuan Tahunan Industri Telekomunikasi di Barcelona Peserta Bisa Hadir Tanpa Masker
Kongres di Barcelona, peserta bisa hadir tanpa perlu pakai masker lagi. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA -Mobile World Congress (MWC), yang menjadi pertemuan tahunan terbesar industri telekomunikasi, berharap dapat menarik sekitar 50.000 peserta di Barcelona, ​​Spanyol. Even yang tahun ini digelar dari 28 Februari hingga 3 Maret, menjadikannya salah satu acara fisik terbesar sejak awal pandemi.

Konferensi online sebelumnya telah menjadi norma selama dua tahun terakhir, yang juga meningkatkan kapitalisasi perusahaan konferensi seperti Zoom dan Hopin. Akan  tetapi ketika pandemi surut, selera untuk melakukan bisnis secara langsung kembali pulih.

Tahun ini pejabat eksekutif puncak dari Nokia, Ericsson, Amazon dan Cisco telah mengkonfirmasi kehadiran mereka di konferensi setelah mengalami jeda dua tahun.

Sementara beberapa perusahaan seperti Lenovo akan hadir secara virtual. Namun, sebagian besar nama besar lainnya di industri tekonologi komunikasi termasuk Samsung dan Huawei akan hadir memamerkan produk baru di tempat tersebut.

"Saya putus asa untuk terhubung dengan orang-orang dalam kehidupan nyata lagi," kata Allison Kirkby, CEO Telia. "Inovasi hanya terjadi ketika orang-orang berkumpul."

MWC adalah salah satu acara pertama yang dibatalkan pada tahun 2020 karena COVID-19 mulai menyebar ke seluruh dunia. Biasanya pertemuan ini diadakan pada bulan Februari, pada tahun 2021 dialihkan ke Juni dan versi ukuran kecil.

Sementara kehadiran yang diharapkan untuk tahun ini kurang dari setengah dari 109.000 yang terdaftar dalam pertemuan tahun  2019, dibandingkan dengan sekitar 20.000 peserta tahun lalu. Pameran teknologi CES mengelola 40.000 peserta pada bulan Desember.

"Kami memiliki 1.500 peserta pameran yang dikonfirmasi, 1.000 pembicara, dan dari tujuh aula yang akan kami libatkan, kami memiliki rasio hunian 85%," kata Mats Granryd, direktur jenderal penyelenggara konferensi GSMA, seperti dikutip Reuters.

Sementara kasus virus corona harian di Spanyol masih lebih dari 40.000, negara itu telah membatalkan pembatasan, menyusul tingkat vaksinasi yang tinggi, termasuk mencabut mandat bagi orang untuk memakai masker di luar ruangan mulai Kamis, 10 Februari.

Banyak perusahaan mengirimkan undangan untuk peluncuran produk, pertemuan makan malam, dan acara lainnya yang tersebar di Barcelona.

Sertifikat vaksin sudah cukup tahun ini untuk menghadiri MWC, sementara tahun lalu seorang peserta harus diuji di gerbang venue untuk bisa masuk. Tidak akan ada seorang pun di venue tahun ini yang mengingatkan peserta untuk tetap menjaga jarak saat bertemu atau berkerumun. Social Distancing, sudah tidak ketat lagi.

Acara ini biasanya memberikan dorongan signifikan bagi ekonomi Barcelona, ​​​​dengan GSMA memperkirakan itu membawa  500 juta dolar AS ke kota pada tahun 2019.

"Kami sangat optimistis dan yakin bahwa konferensi ini akan benar-benar mengaktifkan kembali aktivitas internasional dan pameran Barcelona," kata wakil walikota Jaume Collboni kepada Reuters. "Kami memberi tahu dunia bahwa kami kembali."