Megawati dan SBY Hadiri Sidang Tahunan MPR
Gedung DPR (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ikut hadir dalam Sidang Tahunan MPR 2020.

Namun kehadiran keduanya tidak langsung di Gedung MPR/DPR RI. Mereka menghadiri Sidang Tahunan ini secara virtual. Hal ini lantaran Sidang Tahunan ini dilakukan dalam situasi pandemi COVID-19.

"Yang kami hormati Presiden Joko Widodo, Wapres Ma'ruf Amin, Presiden kelima Megawati Soekarnoputri, Presiden keenam Bapak Susilo Bambang Yudhoyono hadir secara virtual," kata Ketua MPR Bambang Soesatyo saat membuka Sidang Tahunan, Jumat, 14 Agustus.

Kemudian Bambang Soesatyo menyapa satu persatu petinggi negara yang hadir. Dia mengatakan berdasarkan data, anggota dan peserta sidang yang hadir sudah memenuhi syarat untuk menjalankan sidang tersebut.

"Sidang ini sudah memenuhi syarat. Dengan membaca Bismillah sidang ini dibuka dan terbuka secara umum," kata dia.

Adapun Presiden Jokowi tiba pukul 08.23 WIB dengan mengenakan baju adat Sabu dari Nusa Tenggara Timur. Presiden akan menyampaikan pidato mengenai laporan kinerja lembaga-lembaga negara, dan pidato dalam rangka HUT RI ke-75 pada Jumat pagi.

Sebelum Presiden tiba, Wakil Presiden Ma'ruf Amin telah tiba terlebih dahulu. Presiden dan Wakil Presiden tiba dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, seperti dengan menggunakan masker dan berjaga jarak.