Bagikan:

JAKARTA - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri tidak terlihat hadir ke acara Sidang Tahunan MPR 2024, Sidang Bersama DPR-DPD, dan Sidang Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Agustus. 

Politikus senior PDIP Aria Bima mengaku tidak mengetahui alasan Megawati tidak hadir. Menurutnya, Megawati akan hadir jika sedang dalam kondisi sehat. Saat ini, kata dia, Ketua Umum PDIP itu sedang berada di Jakarta. 

“Saya belum tahu kepastiannya soal hadir atau tidaknya. Bagi saya, kalau Ibu dalam kondisi yang sehat, badan yang sehat, pasti beliau hadir,” ujar Aria di Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Jumat, 16 Agustus. 

Saat ditanya soal momentum sidang tahunan, Aria mengungkapkan bahwa Megawati prihatin terhadap persoalan politik saat ini. Megawati juga menilai, praktik demokrasi saat ini sudah mundur.

“Persoalan politik itu menjadi keprihatinan dari Ibu Mega selaku Ketua Umum Partai terkait dengan proses pengembangan kita dalam kehidupan demokrasi yang dianggap mundur,” ungkap Aria.

“Itu adalah persoalan yang tentunya di bawah berbagai hal yang menyangkut visi kenegaraan kita,” sambungnya.

Megawati terpantau tidak hadir ke acara Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD RI Tahun 2024. Sama seperti Megawati, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga tidak hadir. 

Hanya nampak Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno dan Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla alias JK.