Sapaan Salam Surya Paloh Direspons Anggukan Megawati
Megawati Soekarnoputri hadir dalam sidang tahunan MPR/Tangkapan layar Youtube MPR

Bagikan:

JAKARTA - Gestur Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri merespons salam Ketum NasDem Surya Paloh kembali jadi perhatian. Megawati mengangguk saat Surya Paloh memberikan sapaan salam namaste.

Momen ini terjadi sebelum sidang tahunan MPR di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Agustus. Megawati yang berjalan menuju kursinya, diberi salam oleh sejumlah orang.

Di barisan itu, ada juga Surya Paloh. Sambil mengatupkan kedua tangan di dada atau salam namaste, Paloh menyapa Megawati.

Megawati yang juga Ketum PDIP mengangguk sambil terus berjalan. Tapi bukan cuma Paloh, salam serupa dari sejumlah tamu undangan yang hadir juga dibalas anggukan Megawati. Di dekat Surya Paloh tampak mantan Ketua DPR Akbar Tanjung.

 

Dulu Pernah Terjadi

Dulu pada pelantikan anggota DPR 2019-2024, Selasa, 1 Oktober, Megawati juga terekam menolak salaman dengan Surya Paloh. Sebulan kemudian Paloh berbicara soal gestur yang dikait-kaitkan dengan politik ini.

Paloh dalam HUT ke-9 Partai NasDem menyinggung isu yang menyebutkan hubungannya dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sempat 'retak'.

"Karena Mba Mega nggak salaman (ke saya, -reid), rusak semua Indonesia," canda Paloh di JiExpo, Kemayoran, Jakarta, Senin, 11 November 2019 dikutip VOI dari Kumparan.

Paloh kemudian melanjutkan candanya. Bahkan, ia menyebut sampai mencari tahu mengapa Megawati tak mau salaman dengannya.

"Kita coba kirim intelijen, apa betul Mbak Mega nggak salam sama saya. Hasilnya saya tahu tidak sengaja," ungkap dia.

Bahkan sebelum membahas soal ini, Paloh sempat menyatakan dia sangat menyayangi Presiden RI ke-5 itu.

"Jangan ragukan lagi, betapa sayangnya saya kepada Bu Mega. Jangan pernah ragukan itu," ungkap dia.