Bagikan:

JAKARTA - Ada beberapa peristiwa menarik yang tertangkap dalam acara sidang tahunan MPR/DPR/DPD RI tahun 2023. Menjelang Pemilu 2024, gestur dan gimik politik sudah mulai terlihat.

Beda dengan tahun lalu, kali ini Ketua DPR RI Puan Maharani tidak menyambut Presiden Joko Widodo. Saat tiba di gedung Nusantara, Presiden Jokowi hanya disambut Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

Puan yang mengenakan baju adat Dayak, Kalimantan Barat, justru tiba beberapa saat setelah Presiden Jokowi memasuki gedung Nusantara.

Selain itu, Ketua Umum NasDem Surya Paloh nampak murung. Paloh terlihat diam sambil berpangku tangan hingga akhirnya berdiri kemudian saat mantan Wapres Jusuf Kalla datang. Paloh pun sempat diabaikan JK saat ingin bersalaman. JK melewati Paloh dan menyalami Akbar Tanjung namun akhirnya JK kembali dan menyalami Paloh dan berbincang.

Sementara, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto kompak bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dengan hadir bersama ke Gedung DPR.

Dalam pantauan sidang tahunan, hadir yakni Ketua Mahkamah Agung Syarifuddin, Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman, Wakil Ketua MPR Arsul Sani, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar dan Wakil Ketua DPR Rahmat Gobel. Ketua MPR Bambang Soesatyo hadir pukul 08.11 WIB. Mereka hadir dengan menggunakan jas hitam.

Beberapa menteri yang hadir diantaranya Menko Kemaritiman Luhut B. Panjaitan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menkumham Yasonna H. Laoly hingga Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Ketua KPK Firli Bahuri juga terlihat jalan dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani hadir dengan mengenakan baju adat berwarna merah muda dari Bengkulu.

Sementara itu, untuk para mantan presiden dan wakil presiden, terpantau baru Mantan Wapres Hamzah Haz yang hadir dengan mengenakan jas abu-abu pukul 08.04 pagi. Sementara itu, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri hadir pukul 08.38 WIB dengan mengenakan kebaya putih dan selendang merah-putih. Hadir pula istri Presiden ke-4 RI Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid.

Selain itu, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf TNI AD Jenderal Dudung Abdurrahman, KSAL Laksamana M. Ali dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo juga terlihat sudah tiba di lokasi acara.

Kemudian ketua umum partai politik yang hadir antara lain Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum Gerindra Prabowo Subianto yang hadir bergandengan dengan Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum PAN Zulkifli Hasan yang hadir bersama Ketum Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum NasDem Surya Paloh, Ketum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PPP Mardiono.