Perang Teknologi China-AS Berlanjut, Hytera Dituduh Curi Teknologi Radio Seluler Motorola
Motorola miliki teknologi yang lebih maju sehingga rahasinya ingin dicuri Hytera. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Departemen Kehakiman AS mengatakan pada Senin, 7 Februari bahwa pihaknya telah mengajukan tuntutan pidana terhadap perusahaan telekomunikasi yang berbasis di China, Hytera. Mereka menuduh perusahaan ini berkonspirasi dengan karyawan Motorola Solutions Inc  untuk mencuri teknologi radio seluler digital dari perusahaan Amerika.

Dalam dakwaan yang sebagian disunting dan dibuka di Chicago, pemerintah mengatakan Hytera Communications Corp yang berbasis di Shenzhen merekrut karyawan Motorola di Malaysia untuk mencuri data perdagangan hak milik tentang radio, yang dikenal sebagai walkie-talkie.

Dakwaan tersebut menyebut Hytera secara langsung, tetapi menghapus nama-nama terdakwa lain dalam kasus tersebut. Setidaknya beberapa di antaranya adalah mantan karyawan Motorola yang dituduh telah direkrut oleh perusahaan China itu. Surat dakwaan mengatakan Hytera merekrut karyawan Motorola dari 2007 hingga 2020, dan bahwa para pekerja ini menerima gaji dan tunjangan yang lebih tinggi daripada yang mereka terima di Motorola sebagai imbalan untuk mencuri rahasia dagang.

Hytera didakwa dengan 21 tuduhan kriminal termasuk konspirasi untuk melakukan pencurian rahasia dagang. Hytera dan para terdakwa lainnya yang tidak disebutkan identitasnya juga didakwa memiliki atau berusaha memiliki rahasia dagang curian. Jika terbukti bersalah, Hytera akan menghadapi denda pidana tiga kali lipat dari nilai rahasia dagang yang dicuri.

Dalam sebuah pernyataan yang dikirim oleh pengacaranya, Hytera's mengatakan "kecewa" dengan tuduhan itu dan "dengan hormat tidak setuju dengan tuduhan itu."

"Dakwaan itu dimaksudkan untuk menggambarkan kegiatan mantan karyawan Motorola yang terjadi di Malaysia lebih dari satu dekade lalu. Hytera berharap untuk tidak bersalah dan menceritakan kisahnya di pengadilan," kata perusahaan itu, seperti dikutip oleh Reuters.

Hytera menambahkan bahwa pihaknya "berkomitmen untuk menghormati hak kekayaan intelektual orang lain."

Mark Hacker, wakil presiden eksekutif dan penasihat umum Motorola, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tuduhan terhadap Hytera "menggarisbawahi karakter yang diperhitungkan dan disengaja" dari perilaku ilegal perusahaan China.

"Kami akan melanjutkan litigasi perdata kami terhadap Hytera di yurisdiksi di seluruh dunia untuk mencegah pelanggaran berantai Hytera dan untuk mengumpulkan ratusan juta dolar sebagai ganti rugi kepada Motorola Solutions," tambah Hacker.

Semua mantan karyawan Motorola menandatangani perjanjian kerahasiaan pada saat mereka dipekerjakan dan kemudian menandatangani perjanjian kerahasiaan setelah mereka meninggalkan perusahaan, kata surat dakwaan. Ini mengutip bukti bahwa karyawan tertentu memperoleh akses ke rahasia dagang melalui database Motorola yang tidak pernah mereka gunakan di masa lalu.

Dalam satu email Februari 2008, seorang karyawan tak dikenal mengirim email kepada orang lain untuk bertanya: "Apakah kita akan 'menggunakan kembali' sebanyak mungkin atau kita perlu mengembangkan sebagian besar dari awal untuk menghindari pelanggaran paten?"

Hytera sendiri adalah mantan distributor produk Motorola Solutions. Motorola Solutions pada Februari 2020 memenangkan vonis juri senilai 764,6 juta dolar AS dalam kasus pencurian rahasia dagang dan pelanggaran hak cipta terhadap Hytera.

Kala itu, Juri federal di Chicago menemukan Hytera menggunakan dokumen rahasia Motorola Solutions dan kode sumber yang dilindungi hak cipta untuk bersaing di pasar komunikasi radio dua arah. Hytera mengatakan kepada juri bahwa mereka telah mengembangkan radionya sendiri.

Hytera kemudian mengatakan jumlah yang diberikan Motorola dalam kasus tersebut dipotong sebesar 221 juta dolar AS.

Litigasi perdata antara Hytera dan Motorola disebutkan dalam dakwaan. Jaksa mengatakan bahwa pada tahun 2017 orang tak dikenal mengirim email kepada CEO Hytera tentang "menyelaraskan" ceritanya dengan gugatan perdata.

Surat dakwaan menunjukkan bahwa seorang karyawan Hytera yang bersaksi dalam persidangan perdata itu berbohong di bawah sumpah dengan mengklaim seorang karyawan perusahaan China dipecat pada musim gugur 2018 karena gagal bekerja sama dengan penyelidikan internal perusahaan, padahal sebenarnya karyawan ini bekerja untuk Hytera dari Desember 2018 hingga setidaknya Juni 2020.

Kasus pidana terhadap perusahaan menandai pukulan terbaru bagi Hytera di Amerika Serikat.

Pada bulan November, Presiden Joe Biden menandatangani undang-undang untuk mencegah Hytera dan perusahaan China lainnya seperti Huawei Technologies Co yang telah dianggap sebagai ancaman keamanan untuk menerima lisensi peralatan baru dari regulator AS.

Di bawah mantan Presiden Donald Trump, penerima dana federal juga dilarang menggunakan peralatan telekomunikasi buatan Hytera.