Pembawa Acara <i>The late Show</i> Stephen Colbert, Parodikan Penipuan Seputar Kripto
Stephen Colbert, pembawa acara karismatik The Late Show . (foto: tangkapan layar twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Stephen Colbert, pembawa acara karismatik The Late Show dari CBS, sekali lagi mengaitkan banyak cryptocurrency dengan penipuan. Akan tetapi ia melakukannya dengan memparodikan dalam bahasa HODLer berpengalaman.

Dalam segmen hari Rabu tentang anggota Generasi Z yang jatuh karena penipuan di dalam dan di luar ruang crypto, Colbert mereferensikan tarikan karpet di belakang token yang terinspirasi oleh acara Netflix Squid Game, di mana ribuan investor kehilangan lebih dari 3 juta dolar AS.

Bersama dengan "pemuda bersertifikat" dan staf penulis Eliana Kwartler, Colbert memulai debutnya dengan "peluang investasi luar biasa" yang dirancang untuk mendapatkan nomor kartu kredit orang, nama hewan peliharaan pertama, dan nama jalan tempat mereka dibesarkan.

“Jika Gen Z ingin tetap aman saat online, mereka harus berinvestasi dalam token cryptocurrency baru yang menakjubkan ini — yang disebut Colbert Coin,” kata Kwartler. “Dengan Colbert Coin, Anda memberi kami tabungan Anda, dan kemudian kami cryptocurrency kan itu. Setelah itu, Anda tidak perlu khawatir lagi, stan saya. ”

“Kami sibuk mengubah uang Anda menjadi uang masa depan — ke bulan, kera!”

Pembawa acara Late Show dan Colbert Report adalah salah satu dari sedikit pembawa acara talk show larut malam yang membahas crypto pada awal tahun 2013 ketika harga Bitcoin (BTC) berfluktuasi antara 50–300 dolar AS. Pada saat itu, Colbert menggambarkan aset kripto sebagai sesuatu yang memiliki nilai “hanya karena sekelompok orang di Internet telah setuju bahwa itu bernilai.”

Rekan komedian Jon Stewart – yang bekerja bersama Colbert sebagai koresponden di The Daily Show - bercanda tentang proyek token serupa menggunakan namanya pada bulan Desember:

Dalam kasus Colbert dan Stewart, proyek palsu mereka memparodikan masalah yang sangat nyata di ruang crypto: Selebriti yang membuang token yang mungkin atau mungkin tidak berubah menjadi penipuan.

Kim Kardashian mempromosikan EthereumMax (EMAX) dalam sebuah cerita Instagram pada Juni 2021—token yang naik 116.000% dalam satu minggu sebelum jatuh lebih dari 99% dan membuat banyak investor bingung.

Menurut laporan Kamis dari Chainalysis, scammers menerima 7,8 miliar dolar AS dalam crypto yang dicuri dari para korban selama tahun 2021, di mana lebih dari 2,8 miliar dolar AS berasal dari penarikan “karpet”.

Sementara laporan tersebut mencatat bahwa 90% dari total nilai yang hilang karena penarikan karpet pada tahun 2021 adalah hasil dari pertukaran crypto utama Turki, Thodex, yang menghentikan perdagangan dan penarikan, semua yang lain melibatkan proyek DeFi.

Chainalysis mengaitkan prevalensi tarikan karpet dengan "hype di sekitar ruang" selain kurangnya audit kode untuk proyek DeFi tertentu..