Bagikan:

JAKARTA  - Google Fit untuk iOS dilaporkan telah memperoleh kemampuan untuk melacak dan mengukur detak jantung dan pernapasan menggunakan kamera iPhone. Aplikasi kebugaran ini dapat mengukur detak jantung pengguna saat mereka memberikan tekanan ringan pada lensa kamera belakang.  Aplikasi bisa juga berfungsi jika ponsel pengguna tidak memiliki koneksi internet aktif.

Kamera depan, di sisi lain, melacak napas pengguna per menit (BPM). Fitur pelacakan detak jantung dan pernapasan Google Fit pertama kali diperkenalkan untuk smartphone Google Pixel pada bulan Februari 2021.

9to5Google melaporkan bahwa Google Fit di iOS menerima fitur pengukuran detak jantung dan pernapasan. Google melacak gerakan halus di tubuh pengguna untuk mengukur detak jantung dan BPM mereka.

Google Fit mengukur detak jantung pengguna saat mereka meletakkan jari di sensor kamera belakang dan memberikan tekanan ringan pada sensor itu. Jika pengguna berada di lingkungan dengan cahaya redup, aplikasi pelacak kebugaran dapat menggunakan flash ponsel untuk meningkatkan akurasi.

Sebagai alternatif, pengguna dapat meletakkan tangan dan handset iPhone mereka di depan sumber cahaya. Google akan mengukur detak jantung dengan melacak "perubahan halus pada warna jari Anda" untuk memperkirakan aliran darah. Algoritme detak jantung juga memperhitungkan pencahayaan, warna kulit, usia, dan faktor lainnya.

Pengukuran detak jantung membutuhkan waktu sekitar 30 detik dan menampilkan grafik dengan detak per menit (BPM). Setelah proses selesai, pengguna memiliki pilihan untuk menyimpan data vital ke Google Fit.

Juga dengan Google Fit untuk iOS, kamera selfie iPhone dapat melacak laju pernapasan pengguna dengan melacak napas mereka per detik. Agar ini berfungsi, pengguna harus menjaga ponsel mereka tetap stabil dan stabil dengan kepala dan dada terlihat jelas di layar aplikasi.

Perintah di layar memandu pengguna untuk "diam" selama sekitar setengah menit. Gerakan dada yang halus dengan penglihatan komputer yang melacak gerakan fisik kecil mengukur tingkat pernapasan pengguna.

Sebagai alternatif, pengukuran di Google Fit juga dapat dimulai dengan membuka tab Browse dan mengklik Vitals. Pengguna juga memiliki opsi untuk mengatur pengingat untuk pengukuran.

9to5Google seperti dilaporkan oleh Gadget 360, menyebutkan bahwa mereka dapat melihat pengukuran detak jantung dan pernapasan baru di iPhone 7 dan iPad Pro.

Laporan itu juga mengatakan bahwa jika pengguna baru saja mengunduh Google Fit dan tidak menunjukkan kartu baru, menutup aplikasi dari layar multitasking dan membuka kembali akan membuatnya berfungsi.

Google pertama kali memperkenalkan fitur pengukuran detak jantung dan pernapasan untuk Google Fit pada bulan Februari. Fitur-fitur tersebut awalnya dirilis untuk ponsel Pixel, namun akhirnya menjangkau untuk ponsel Android lainnya.