Elon Musk Lanjutkan Penjualan Sahamnya di Tesla, Upaya Bayar Pajak Penghasilan yang Besar
Elon Musk, lanjutkan rencana penjualan sahamnya di Tesla. (foto: instagram)

Bagikan:

JAKARTA – CEO Tesla Inc,  Elon Musk, yang telah menjual lebih dari 15 miliar dolar AS saham di perusahaannya sejak awal November, mengatakan pada Rabu 22 Desember bahwa dia "hampir selesai" dengan rencana penjualan sahamnya.

Miliarder itu telah membuat pernyataan yang membingungkan, apakah dia mungkin atau mungkin tidak menyelesaikan tujuannya untuk menjual 10% saham Tesla-nya.

"Saya menjual stok yang cukup untuk mendapatkan sekitar 10% ditambah barang-barang latihan opsi dan saya mencoba untuk menjadi sangat literal di sini," katanya dalam sebuah wawancara pada hari Selasa dengan situs web satir konservatif, Babylon Bee.

Akan tetapi pada Rabu lalu dia menyarankan dia mungkin tidak selesai. "Ini mengasumsikan penyelesaian penjualan 10 miliar," tweetnya, merujuk pada rencana penjualannya yang telah diatur sebelumnya terkait dengan opsinya.

"Masih ada beberapa tahap yang tersisa, tetapi hampir selesai," tweetnya kemudian yang dikutip Reuters.

Di bawah rencana perdagangan Aturan 10b5-1 yang dibuat pada bulan September, ia telah menggunakan opsi saham yang berakhir tahun depan dan menjual sebagian saham untuk membayar pajak, menurut pengajuan Tesla.

Menyusul kesibukan penjualan, Musk masih memiliki sekitar 1,5 juta opsi saham yang berakhir pada Agustus tahun depan.

Saham Tesla memperpanjang kenaikan, naik lebih dari 5% pada hari Kamis setelah berakhir 7,5% lebih tinggi pada sesi sebelumnya.

'TANAH PAJAK BERLEBIHAN'

Musk mengatakan pada 6 November dia akan menjual 10% sahamnya jika pengguna Twitter setuju. Saham Tesla, yang berada di dekat rekor tertinggi, kehilangan sekitar seperempat nilainya segera setelahnya.

Pada Rabu lalu, Musk menjual 934.091 saham lagi, sehingga total yang telah dia keluarkan menjadi 14,77 juta - hampir 90% dari 17 juta atau lebih saham yang dia harapkan untuk dijual.

Ditanya apakah dia menjual karena jajak pendapat Twitter? Dia mengatakan pada Selasa lalu bahwa dia perlu menggunakan opsi saham yang berakhir tahun depan "tidak peduli apa." Dia menambahkan dia menjual tambahan "saham tambahan" untuk mendekati 10%.

Dari 14,77 juta saham yang dijual, 9,34 juta dijual untuk membayar pajak terkait dengan pelaksanaan opsinya, menurut pengajuan sekuritas Tesla.

Musk, yang memindahkan kantor pusat perusahaan dari California ke Texas awal bulan ini, juga mengkritik California karena "pajak berlebihan" dan "kelebihan regulasi" dalam wawancara hari Selasa.

"California dulunya adalah tanah peluang dan sekarang ... menjadi lebih seperti tanah dengan peraturan yang berlebihan, pengadilan yang berlebihan, pajak yang berlebihan," katanya, seraya menambahkan bahwa "semakin sulit untuk menyelesaikan sesuatu" di California.

Pada Minggu lalu, dia mengatakan dia akan membayar lebih dari 11 miliar dolar AS pajak tahun ini. Dia mengatakan tarif pajak pribadinya mencapai 50%, yang akan mencakup pajak pendapatan federal dan negara bagian. Musk mengatakan tahun lalu dia telah pindah dari California ke Texas di mana dia tidak menghadapi pajak penghasilan negara bagian.