Bagikan:

JAKARTA –  Seorang profesor Jepang telah mengembangkan prototipe layar TV yang dapat dijilat yang dapat meniru rasa makanan. Ini disebut sebagai langkah baru untuk menciptakan pengalaman menonton multi-indera.

Perangkat yang disebut Taste the TV (TTTV), menggunakan korsel 10 tabung rasa yang disemprotkan dalam kombinasi untuk menciptakan rasa makanan tertentu. Sampel rasa kemudian digulung pada film higienis di atas TV layar datar untuk dicoba pemirsa.

“Pada era COVID-19, teknologi semacam ini dapat meningkatkan cara orang terhubung dan berinteraksi dengan dunia luar,” kata profesor Universitas Meiji, Homei Miyashita, seperti dikutip Reuters.

"Tujuannya adalah untuk memungkinkan orang memiliki pengalaman seperti makan di restoran di belahan dunia lain, bahkan saat tinggal di rumah," katanya.

Miyashita bekerja dengan tim yang terdiri dari sekitar 30 siswa yang telah memproduksi berbagai perangkat yang berhubungan dengan rasa, termasuk garpu yang membuat rasa makanan lebih kaya. Dia mengatakan bawah dia membangun prototipe TTTV sendiri selama setahun terakhir dan versi komersial akan menelan biaya sekitar 100.000 yen (Rp 12,4 juta) untuk membuatnya.

“Aplikasi ini potensial termasuk pembelajaran jarak jauh untuk sommelier dan juru masak, serta mencicipi permainan dan kuis,” katanya.

Miyashita juga telah melakukan pembicaraan dengan perusahaan tentang penggunaan teknologi semprotannya untuk aplikasi seperti perangkat yang dapat menerapkan rasa pizza atau cokelat pada sepotong roti panggang.

Ia juga berharap dapat membuat platform di mana selera dari seluruh dunia dapat diunduh dan dinikmati oleh pengguna, seperti halnya musik saat ini.