Tokopedia dan GoPay Adopsi QRIS Sebagai Pembayaran Digital
Tokopedia dan GoPay mengadopsi pembayaran non-tunai QRIS. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Tokopedia dan GoPay baru saja mengadopsi pembayaran non-tunai QRIS, di tengah meningkatnya transaksi digital di Indonesia.

Dalam hal ini keduanya akan menargetkan puluhan ribu warung di ekosistem Mitra Tokopedia serta para UMKM ke depannya, dan membantu mereka dalam proses bertransaksi secara digital.

“Inisiatif ini memungkinkan masyarakat belanja di warung tanpa uang tunai. Cukup scan QR code QRIS yang ada di warung untuk melakukan pembayaran," ungkap Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni dalam keterangannya yang dikutip VOI, Jumat, 17 Desember.

Astri berharap, dengan mengadopsi QRIS maka dapat mendorong kontribusi pegiat usaha tradisional terhadap pertumbuhan ekonomi digital.

"Sekaligus membantu perluasan jangkauan penggunaan QRIS dari Bank Indonesia karena kami percaya kolaborasi adalah kunci pemulihan negeri,” ujar Astri.

Menurut data Bank Indonesia, sampai 10 Desember 2021, sudah terdapat lebih dari 13,6 juta merchant, dan sebanyak 96 persen merupakan UMKM yang tergabung dalam ekosistem QRIS.

“Kami sangat menyambut baik kolaborasi bersama Tokopedia dan GoPay dalam memperluas penggunaan QRIS, terutama untuk UMKM di ekosistem Mitra Tokopedia," kata Asisten Gubernur Bank Indonesia/Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran, Filianingsih Hendarta.

Sejak 2019 GoPay sudah mendigitalisasi merchant yang tergabung di dalam ekosistem GoTo melalui QRIS guna membantu masyarakat untuk melakukan transaksi pembayaran dengan lebih efisien.

Sebagai informasi, Mitra Tokopedia telah digunakan oleh jutaan pegiat usaha tradisional di lebih dari 500 kota atau kabupaten di Indonesia. Jumlah penambahan jangkauan kota dan kabupaten ini meningkat lebih dari dua kali lipat dibanding dua tahun lalu.