Dituduh Buat Iklan Menyesatkan, ASA Tutup Iklan Sejumlah Platform Pertukaran Kripto
Iklan kripto yang menyesatkan terpaksa ditutup oleh ASA. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Standar Periklanan (ASA), yakni regulator periklanan independen di Inggris, baru-baru ini telah menghapus sejumlah kampanye iklan terkait cryptocurrency yang mempromosikan beberapa perusahaan industri besar.

Pada 15 Desember, pengawas periklanan tersebut mengeluarkan beberapa keputusan tentang pelanggaran iklan yang melibatkan enam perusahaan terkait crypto termasuk Coinbase, Kraken, eToro, Exmo, broker crypto Coinburp dan pertukaran crypto Luno. ASA juga mengeluarkan keputusan serupa untuk rantai pizza, Papa John's.

Ketujuh iklan atau promosi itu dilarang karena "secara tidak bertanggung jawab mengambil keuntungan dari konsumen yang tidak berpengalaman dan karena gagal menggambarkan risiko investasi," kata putusan itu seperti dikutip Cointelegraph.

ASA berpendapat bahwa cabang Coinbase Eropa secara khusus mengeluarkan promosi "menyesatkan" pada iklan Facebook berbayarnya pada Juli 2021, termasuk teks yang menyatakan "lima pound dalam Bitcoin pada tahun 2010 akan bernilai lebih dari 100.000 pound pada Januari 2021."

Menurut regulator periklanan, iklan tersebut “menyiratkan akan ada jaminan peningkatan serupa dalam nilai Bitcoin selama dekade berikutnya.” Coinbase Europe juga “tidak menjelaskan bahwa kinerja masa lalu belum tentu menjadi panduan untuk masa depan,” ASA mencatat.

Putusan ASA lainnya adalah terhadap operator Kraken Payward, terkait dengan poster digital untuk Kraken yang terlihat pada Agustus 2021 di stasiun London Bridge. Pengawas berpendapat bahwa iklan tersebut tidak memiliki peringatan risiko yang tepat karena penafian risiko hanya ditampilkan "untuk satu detik."

"Peringatan risiko hanya berjalan selama satu detik di awal iklan sepanjang 20 detik dan kami menganggapnya memberi konsumen sejumlah besar informasi yang tidak akan sepenuhnya dibaca atau dipahami bahkan jika dilihat sama sekali," bunyi keputusan tersebut.

Langkah regulasi terbaru oleh ASA bergabung dengan sejumlah keputusan serupa yang dibuat awal tahun ini karena otoritas Inggris telah secara aktif memburu dan menutup iklan kripto yang menyesatkan.

Pada bulan Mei, ASA menghapus kampanye iklan lain oleh bursa Luno. Iklan tersebut ditampilkan di seluruh jaringan London Underground dan di bus London tahun ini, dengan poster termasuk gambar Bitcoin yang mengatakan: “Jika Anda melihat bitcoin di Underground, saatnya untuk membeli.” Regulator sebelumnya juga melarang kampanye iklan oleh pertukaran Coinfloor.