Twitter Luncurkan Fitur Teks Otomatis Video dalam 37 Bahasa
Twitter telah mengumumkan bahwa semua video yang diunggah dalam tweet akan mengaktifkan teks otomatis alias subtitle. (foto: Dok. Twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Twitter telah mengumumkan bahwa semua video yang diunggah dalam tweet akan mengaktifkan teks otomatis alias subtitle, yang memberikan lebih banyak cara bagi pengguna untuk memahami semua konten video di aplikasi mereka.

Dijelaskan Twitter, semua video yang dilampirkan ke tweet mulai hari ini akan mengaktifkan teks otomatis. Teks akan diaktifkan untuk video in-stream yang dibisukan di iOS dan Android, sementara pengguna desktop dapat mengaktifkan dan menonaktifkannya sesuai pilihan dengan mengklik tombol CC.

Menariknya, fitur teks otomatis tersebut juga mendukung 37 bahasa, termasuk Arab, China, Inggris, Jerman, Hindi, Tamil, dan banyak lagi. Karena terjemahan tidak langsung di Twitter, teks akan ditampilkan dalam bahasa perangkat yang digunakan untuk mengunggah klip aslinya.

Mengutip Social Media Today, Kamis, 16 Desember, fitur ini tentu saja sangat berguna bagi pengguna dengan gangguan pendengaran, mereka dapat menonton video di Twitter dengan teks otomatis aktif, memperluas akses ke lebih banyak pengguna di platform.

Sayangnya, fitur teks otomatis Twitter tidak dapat diedit saat ini. Perusahaan menyatakan, kedua alat penerjemahan dan pengeditan masih dalam pengembangan.

Fitur ini merupakan kemajuan terbaru dalam fitur aksesibilitas Twitter, yang mana itu terjadi setelah perusahaan dikritik karena meluncurkan tweet audio tanpa opsi teks, membantu Twitter mengenali perlunya fokus yang lebih berdedikasi di depannya.

Twitter juga mengumumkan teks otomatis untuk tweet suara tahun lalu (yang mulai diuji pada Juli ), sementara teks otomatis juga tersedia untuk Spaces. Ini adalah tambahan bagus, dan yang akan memiliki dampak signifikan bagi banyak pengguna.