Dari Greysia Polii, Hong Bangjang, Crypto dan SquidGame Jadi Perbincangan Hangat Sepanjang 2021 di Twitter
Twitter merilis daftar percakapan atau konten yang viral di jejaring sosial itu dalam laporan #HanyaDiTwitter. (foto: dok. twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Tak terasa sudah di penghujung tahun, banyak peristiwa dan tren yang terjadi di tahun ini, karenanya Twitter merilis daftar percakapan atau konten yang viral di jejaring sosial itu dalam laporan #HanyaDiTwitter.

Beragam percakapan yang meramaikan lini masa Twitter meliputi perayaan kemenangan dari jajaran atlet kebanggaan Indonesia dalam ajang olahraga terbesar di dunia, berbagi referensi bermanfaat untuk perkembangan diri, hingga dukungan dan doa bagi yang terkena musibah.

“Di tahun 2021, masyarakat terus menggunakan Twitter untuk melihat apa yang sedang terjadi dan terhubung dengan komunitas dan percakapan yang berarti bagi mereka," ungkap Country Industry Head Twitter Indonesia, Dwi Adriansyah dalam keterangannya yang diterima VOI, Jumat, 10 Desember.

"Dari mencari informasi seputar hobi baru, memberi dukungan kepada para atlet, membantu sesama yang mengalami kesulitan, hingga merayakan peluncuran lagu atau film terbaru artis kesayangan; masyarakat Indonesia saling terhubung #HanyaDiTwitter," imbuhnya.

Berdasarkan analisa percakapan di Twitter di Indonesia antara 1 Januari hingga 15 November 2021, berikut ini adalah berbagai momen dan percakapan #HanyaDiTwitter yang membuat warganet saling terhubung selama tahun ini.

Tweet yang Menyatukan Masyarakat Indonesia di Twitter

Di paruh kedua tahun 2021, perhatian masyarakat dunia tertuju pada perhelatan olahraga internasional #Tokyo2020 dan #Paralympics. Percakapan tentang Olimpiade semakin bergaung di Indonesia saat Greysia Polii (@GreysPolii) dan Apriyani Rahayu berhasil mencetak sejarah menjadi tim ganda putri Indonesia pertama yang meraih medali emas. Tweet ini pun menjadi engagement tertinggi di Indonesia.

Sifat saling membantu adalah salah satu keunikan masyarakat Indonesia dan ini terlihat dari percakapan di Twitter yang menghangatkan lini masa. Seperti yang dialami oleh Aurelia Nathania (@010201_n) yang akhirnya dapat bertemu adiknya setelah mencarinya selama lima tahun.

Berbagai Topik Turut Dibahas

Topik-topik yang ramai dibicarakan di Twitter tahun ini termasuk hiburan dengan tagar #attackontitan dan cabang olahraga populer seperti #badminton. Masyarakat Indonesia juga ramai membicarakan berbagai hal terkait teknologi dan keuangan, termasuk tentang aset digital dan investasi melalui tagar #crypto dan #nft. Hal ini menunjukkan, bahwa masyarakat Indonesia mulai tertarik terhadap hal-hal seputar keuangan dan bisnis.

Jajaran Akun Terpopuler di Twitter

Bukti nyata keberagaman percakapan di Twitter adalah dengan munculnya akun-akun baru seperti Rizal Do (@afrkml), Angga Fauzan (@angga_fzn), dan Badminton Talk (@BadmintonTalk) yang masuk ke dalam jajaran 10 akun yang banyak dibicarakan di Indonesia tahun ini.

Emoji yang Paling Sering Digunakan di Twitter

Teks kerap kali tidak bisa mengungkapkan ekspresi yang kita rasakan ketika membuat tulisan di Twitter. Agar konteks suatu Tweet bisa lebih dipahami, penggunaan emoji pun marak dilakukan. Emoji menangis ๐Ÿ˜ญ, piala ๐Ÿ†, Bumi ๐ŸŒ, dan salad ๐Ÿฅ— merupakan beberapa emoji yang banyak digunakan warganet Twitter di Indonesia.

Emoji piala ๐Ÿ†, medali ๐Ÿฅ‡, dan bulutangkis ๐Ÿธ pun tidak luput mewarnai Tweet seputar dukungan untuk para atlet Indonesia yang berlaga di #Tokyo2020 dan #Paralympics.

Demam Aset Digital di Twitter

Siapa sangka sepanjang tahun 2021 antusias orang-orang di Twitter ramai terkait aset digital memuncak di Twitter. Mulai dari cara tips memulai investasi dengan gaji UMR, definisi #crypto dan #nft, hingga pembahasan aset digital untuk membantu mereka mengelola keuangan.

Kehebohan percakapan tentang aset digital secara spesifik turut didukung dengan kehadiran akun-akun berbasis komunitas seperti Sarjana Crypto (@sarjana_crypto) dan Crypto 707 (@kaptencrypto707). Akun-akun ini aktif berbagi informasi seputar kripto, hingga investasi yang bisa menjadi pertimbangan para pengguna Twitter.

Fenomena K-Culture Kian Ramaikan Twitter

Pembahasan tentang budaya Korea terus berkembang di Twitter. Tahun ini, lini masa Twitter dihebohkan dengan serial Netflix berjudul #SquidGame. Sarat dengan pesan moral yang relevan dengan kehidupan nyata, cerita tentang cara bertahan hidup di film ini mewarnai keseruan percakapan di Twitter.

Selain itu, kegesitan Hong Bangjang dalam #HometownChaChaCha memukau para penggemarnya, menjadikan drama asal Korea Selatan tersebut sebagai salah satu yang paling banyak dibicarakan di Twitter di Indonesia. Komunitas pecinta film atau serial 'drakor' pun bisa mendapatkan referensi yang berharga dari informasi yang diberikan oleh akun @infodrakor_id.

Percakapan seputar budaya Korea Selatan belum lengkap tanpa Tweet fan chant dari para penggemar K-Pop untuk menyemangati artis favorit mereka. Mulai dari para penggemar @blackpink yang meramaikan lini masa, para-ARMY yang menghebohkan Twitter saat @bts_twt merilis lagu terbaru mereka yang berjudul #butter, hingga sorakan ENGENE saat @ENHYPEN_members kembali dengan album terbaru mereka, Dimension: Dilemma.