Bagikan:

JAKARTA – Platform crowdfunding Kickstarter akan meluncurkan perusahaan baru yang pada akhirnya akan melihat situs webnya pindah ke sistem berbasis blockchain di Celo.

Dalam posting blog Rabu, 8 Desember, CEO Aziz Hasan dan salah satu pendiri Perry Chen mengatakan Kickstarter akan mengembangkan protokol sumber terbuka yang akan hidup di blockchain Celo. Kedua eksekutif tersebut mengutip upaya blockchain dalam meminimalkan dampak lingkungannya — menjadi karbon negatif — selain fakta bahwa itu adalah open source.

“Kami memasuki momen penting untuk model tata kelola alternatif, dan kami pikir ada peluang penting untuk memajukan upaya ini menggunakan blockchain,” kata Chen dan Hasan seperti dikutip Cointelegraph.

Bloomberg juga melaporkan bahwa Kickstarter berencana untuk mentransisikan situs webnya ke platform blockchain pada tahun 2022, dengan proyek yang mengumumkan akan merilis buku putih “dalam beberapa minggu mendatang.”

Kickstarter dilaporkan mengatakan migrasi tidak akan mempengaruhi jutaan pengguna yang saat ini menggunakan platform untuk crowdfund untuk proyek-proyek termasuk produk medis dan kebugaran, karya seni, buku, dan film.

Selain itu, Kickstarter mengatakan pihaknya berencana untuk mendirikan laboratorium tata kelola “mengawasi pengembangan tata kelola protokol.” Direktur eksekutif dan salah satu pendiri Purpose Foundation, Camille Canon, akan memimpin upaya tersebut.

Dengan ruang crypto yang muncul, proyek-proyek tertentu yang mungkin telah menerima uang melalui Kickstarter telah bergeser ke organisasi otonom terdistribusi. Pada bulan November lalu, sebuah kelompok bernama ConstitutionDAO berusaha membeli salinan cetak edisi pertama Konstitusi AS, di mana 17.437 pendukung diberikan token tata kelola yang disebut ORANG.

Meskipun DAO gagal membuat tawaran yang menang, harga tokennya melonjak setelah tim di belakang proyek mengizinkan pengguna untuk terus memegang token.

Pertama kali diluncurkan pada 2009, Kickstarter melaporkan 21 juta orang telah menjanjikan lebih dari 6 miliar dolar AS untuk mendukung 213.034 proyek menggunakan platform crowdfunding, termasuk sepeda Peloton dan film 2014 Veronica Mars.