Edward Snowden Khawatir Pemanfaatan Token Digital dalam Industri Gim, Ini Alasannya!
Edward Snowden prihatin penggunaan token NFT di industri gim. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Whistleblower Badan Keamanan Nasional AS, Edward Snowden, mengatakan keprihatinannya tentang bagaimana beberapa individu atau perusahaan istimewa di ruang digital mungkin dapat menggunakan token yang tidak dapat dipertukarkan, atau NFT, di industri gim.

Berbicara dengan salah satu pendiri Ethereum, Gavin Wood, di konferensi online BlockDown DeData pada Jumat, 3 Desember, Snowden menyatakan meskipun dia telah melihat beberapa kasus penggunaan token yang tidak dapat dipertukarkan untuk mengumpulkan dana untuk tujuan tertentu, dia khawatir dengan teknologi yang “merayap ke dalam gim.”

Whistleblower menggambarkan aspek-aspek tertentu dari metaverse sebagai "mengerikan, keji, dan tragis" karena bertujuan memanfaatkan pelarian virtual para pengguna.

“Kami memiliki orang-orang yang mencoba [menyuntikkan] rasa kelangkaan buatan ke dalam domain pasca-kelangkaan,” kata Snowden seperti dikutip oleh Cointelegraph. “Saya pikir masyarakat harus sangat berusaha membengkokkan busur pembangunan dari pada menyuntikkan kelangkaan buatan yang tidak perlu sepenuhnya untuk kepentingan beberapa kelas investor.”

Wood tampaknya tidak setuju dengan klaim Snowden tentang NFT dalam game, yang menyamakan artefak virtual dalam game dengan artis yang menjual NFT musik mereka sendiri. Namun, Snowden membalas bahwa gamer "tidak membayar untuk produk yang dijamin" melainkan membeli "kesempatan pada sesuatu, tanpa janji akan sesuatu," yang membiarkan ruang terbuka untuk eksploitasi.

“Saya tidak memiliki masalah dengan pengembang gim yang membatasi akses ke produk mereka dengan cara yang sama seperti yang telah mereka lakukan selama beberapa dekade sebelumnya,” kata Wood. “Saya melihat NFT sebagai cara yang lebih gesit untuk membatasi akses ke produk mereka.”

Komentar Snowden dan Wood muncul ketika perusahaan gim tampaknya memberikan jaring yang lebih luas untuk adopsi aset digital dan NFT. Andrew Wilson, CEO perusahaan video game besar Electronic Arts, mengatakan pada November lalu bahwa NFT dan game play-to-earn adalah masa depan industri. Tampaknya ada minat dari pengguna juga — pada Rabu, game NFT Guild of Guardians mengumumkan telah menjual lebih dari 5 juta dolar AS token aslinya sebelum peluncuran Q1 2022.

Berbicara dari Rusia di mana, saat ini dia berada di pengasingan sejak 2013, Snowden terus memberikan wawancara dan mengungkapkan pendapatnya tentang Bitcoin (BTC) dan ruang crypto. Padahal Whistleblower NSA ini menggunakan BTC untuk membayar server yang dia gunakan untuk membocorkan ribuan dokumen kepada jurnalis sebelum meninggalkan Amerika Serikat.