Deretan Fitur Baru Google Maps, Makin Mudahkan Aktivitas Pengguna
Google maps, meluncurkan fitur baru. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Google Maps baru saja menambahkan kemampuan untuk membantu pengguna memantau seberapa ramai dan sibuk suatu toko, supermarket atau restoran sebelum dikunjungi.

Fitur yang dijuluki Area Busyness ini ditujukan untuk mencegah pengguna berkerumun, dan menghindari mengantri lama. Untuk mencobanya, pengguna perlu mencari lokasi untuk melihat grafik yang menunjukkan seberapa ramai tempat yang ingin dikunjungi secara real time.

Ini memungkinkan pengguna melihat saat seluruh area peta yang dipenuhi orang. Fitur baru ini sudah tersedia di Android dan iPhone. Nantinya, Google Maps akan bergerak di sekitar peta untuk menemukan area umum, misalnya pusat kota, tepi sungai, atau kota kuno di dekatnya.

Jika pengguna mencari suatu lokasi dan di area tersebut sangat padat orang, maka Google Maps akan menampilkan ini adalah "Area Sibuk", dan saat pengguna mengklik untuk detail lebih lanjut, itu bisa menunjukkan kata "Sibuk sekali."

Mengutip CNET, Minggu, 5 Desember, selain fitur Area Busyness, pengguna juga dapat melihat direktori mal, bandara dan stasiun transit melalui Google Maps. Fitur ini dapat membantu mencegah pengguna berlarian di sekitar bandara, mencoba mencari tempat makan, atau membeli souvenir pada menit-menit terakhir sebelum mengejar penerbangan. Fitur tersebut akan memberi tahu pengguna jam buka toko atau restoran beserta lokasinya.

Menariknya, kini Google Maps juga dapat memesan reservasi terlebih dahulu melalui aplikasi tanpa menelepon restoran. Google Maps dapat membantu pengguna memesan reservasi makan siang atau makan malam.

Caranya mudah saja, buka Maps kemudian ketuk tombol Restoran di bagian atas peta untuk melihat daftar tempat makan. Pilih restoran yang dituju, dan di jendela yang muncul, pesan meja atau bergabung dengan daftar tunggu.

Terakhir, pengguna juga dapat menggunakan Google Maps untuk memberi tahu keluarga tentang keberadaan mereka saat terlambat menghadiri acara. Caranya mudah saja, buka Google Maps, ketuk ikon profil di sudut kanan atas dan ketuk Berbagi lokasi.

Pilih Bagikan lokasi dan pilih dengan siapa ingin berbagi lokasi dan berapa lama ingin membagikannya. Klik Bagikan dan Google Maps akan mengirimkan lokasi ke semua orang yang dipilih. Jika ingin melihat lokasi orang lain, ketuk ikon orang itu di bagian atas jendela, lalu klik Request.

Fitur ini juga bisa menyulitkan mereka, yang tak suka jika keberadaannya di suatu tempat diketahui  oleh orang lain, menjadi terbongkar.