Cara Mudah Ketik Pesan Langsung Translate ke Bahasa Inggris dengan Fitur Gboard
Cara Mudah Menghapus Akun Instagram Secara Permanen dan Sementara (The Groyne)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Perusahaan teknologi Google, membuat serangkaian fitur baru untuk versi Android, salah satunya bisa digunakan di keyboard Gboard yang bisa menerjemahkan kata yang Anda ketik ke dalam bahas Inggris, atau bahasa lain yang inginkan.

Fitur Gboard yang ada di Android bakal diintergrasikan dengan sejumlah layanan Google, salah satunya adalah menerjemahkan atau translate teks yang Anda tulis ke dalam bahasa yang ditetapkan secara real time.

Hal itu pun dapat mempermudah pengguna jika ingin berkomunikasi dengan teman yang ada di luar negeri, atau melakukan hal lain yang membutuhkan bahasa Inggris.

Pasalnya, Anda tidak perlu membuka fitur Google Translate untuk menerjemahkan setiap pesan masuk dan membalasnya. Pengguna hanya perlu menggunakan keyboard Gboard dan secara otomatis teks yang Anda tulis akan diterjemahkan ke dalam bahasa yang telah Anda tetapkan.

Sayangnya, dikutip dari The Verge hanya pengguna Android 7.0 atau versi yang lebih baru yang dapat menggunakan fitur tersebut, sementara untuk versi yang lebih lama tidak dapat menggunakan fitur terbaru yang dibuat oleh Google tersebut.

Jika Anda menggunakan Android versi terbaru dan ingin menggunakan fitur translate teks otomatis, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun tim VOI di bawah ini.

Cara Membuat Pesan Teks Ditranslate Otomatis Menggunakan Gboard

Untuk menggunakan layanan translate teks otomatis, pengguna dapat mengunduh aplikasi Gboard terlebih dahulu di Play Store, dan install di smartphone Anda.

Setelah itu, buka menu Pengaturan dan pilih menu keyboard. Pada bagian selanjutnya akan muncul pop-up "Pilih metode input' dan Anda bisa memilih Gboard.

Selanjutnya, Anda dapat mencoba fitur translate teks otomatis dengan membuka aplikasi yang ada di smartphone Anda, dan bisa digunakan untuk mengetik.

Pilih area untuk menulis teks. Pada bagian atas keyoard, klik "Buka Menu Fitur", dan pilih ikon Google Translate.

Selanjutnya, pilih bahasa asal atau bahasa yang Anda gunakan. Setelah itu, pilih tujuan teks Anda akan diterjemahkan ke bahasa tertentu, misalnya bahasa Inggris.

Setelah itu, Anda dapat mencobanya dengan mengetik teks di kolom pesan atau aplikasi lain yang Anda gunakan untuk mengetik. Pada saat menulis teks tertentu, Anda akan mendapatkan pratinjau untuk melihat variasi terjemahan.

Pada bagian pratinjau, Anda akan diberikan sejumlah opsi terjemahan yang disusun oleh Google. Pengguna pun dapat menggunakan salah satu kalimat yang ditawarkan, dengan klik "Pilih".

Dengan demikian, Anda dapat mengaktifkan fitur keyboard Gboard untuk menulis teks dalam bahasa Indonesia, dan selanjutnya secara otomatis akan diterjemahkan secara otomatis ke dalam bahasa Inggris atau bahasa lain yang Anda inginkan.