Cara Menghilangkan Prediksi Kata di Keyboard HP
Cara Menghapus Prediksi Kata yang Dipelajari Smartphone dari Fitur Gboard (Phoneia)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ada banyak kata yang ditulis oleh pengguna smartphone setiap harinya, mulai dari pesan instan di WhatsApp, menulis status di media sosial atau lainnya.

Setiap hari pengguna smartphone menggunakan perangkat mereka untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang tidak bisa ditemui secara langsung, dan menulis banyak teks di smartphone mereka setiap hari.

Dikutip dari Makeuseof, smartphone yang Anda gunakan untuk menulis teks terus menyimpan dan mempelajari kosakata yang sering Anda gunakan, baik kosakata baku maupun kosakata yang memiliki kesalahan ejaan.

Selanjutnya, kosakata baru yang sudah tersimpan tersebut akan digunakan untuk dijadikan prediksi, apabila Anda mengaktifkan fitur prediksi teks di keyboadrd smartphone Anda untuk menulis pesan instan atau teks lainnya.

Smartphone Anda pun dapat menyarankan teks yang salah ejaan, saat pengguna menulis pesan instan. Akibatnya, prediksi teks yang semula ditujukan untuk mempercepat penggunanya menulis pesan, justru menyarankan kosakata yang tidak baku.

Langkah paling mudah untuk menghindari masalah tersebut adalah menonaktifkan prediksi teks. Namun, jika Anda sudah terbiasa menggunakan fitur tersebut Anda dapat mengatasinya dengan langkah-langkah yang sudah disiapkan oleh tim VOI di bawah ini.

Cara Menghapus Kosakata yang Dipelajari dari Keyboard Android

Seperti dijelaskan sebelumnya, smartphone yang Anda gunakan selalu mempelajari setiap teks yang sering Anda gunakan untuk dimasukkan dalam prediksi teks yang disarankan kepada penggunanya.

Kosakata tersebut, selanjutnya disimpan pada fitur Gboard atau kamus pribadi di dalam smartphone Anda. Untuk memastikan prediksi teks yang salah muncul di setiap teks yang Anda tulis melalui keyboard Android, pengguna dapat menghapus kosakata yang salah tersebut.

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah masuk ke menu "Setting" atau pengaturan yang ada di smartphone Anda, dan klik menu "Sistem" yang tersedia di dalamnya.

Selanjutnya, klik menu "Bahasa & Masukkan", dan klik opsi "Keyboard". Anda akan diberikan sejumlah opsi mengenai fitur yang ingin Anda atur, salah satunya adalah "Gboard".

Klik "Gboard", dan pada kolom pengaturan yang ada di bawahnya, pilih menu "Kamus". Selanjutnya Anda akan diberikan sejumlah opsi kamus yang ingin diatur. Klik "Kamus Pribadi", dan pilih bahasa yang Anda gunakan.

Selanjutnya, Anda akan ditunjukkan seluruh kosakata yang Anda gunakan dalam Bahasa Indonesia. Anda pun dapat memilih kosakata yang memiliki kesalahan ejaan, klik ikon "Sampah" untuk menghapusnya.

Selain melihat daftar kosakata, Anda juga dapat mencari kosakata yang salah, dan sering muncul di prediksi teks keyboard Anda. Setelah menemukan kosakata tersebut, Anda dapat mengklik ikon sampah seperti sebelumnya.

Demikianlah cara menghapus kosakata yang memiliki kesalahan ejaan, namun disimpan oleh Gboard dan disarankan oleh sistem Android saat Anda menggunakan fitur prediksi teks.

Anda dapat menonaktifkan fitur teks, atau menghapus kosakata yang memiliki kesalahan ejaan, dengan menggunakan langkah di atas, supaya tidak mengganggu Anda dalam menggunakan smartphone.