Cara Menghapus Akun Linkedin dengan Mudah Menggunakan Smartphone
Cara Menghapus Akun Linkedin dengan Mudah Menggunakan Smartphone (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Linkedin merupakan situs jaringan sosial yang berorientasi ke bisnis. Pengguna layanan tersebut biasa memanfaatkannya untuk mencari pekerjaan bagi seorang profesional.

Namun, setelah beberapa kali menggunakan Linkedin tidak jarang pengguna ingin menghapus akun di aplikasi tersebut karena sudah tidak membutuhkannya lagi, atau sudah memiliki pekerjaan tetap maupun alasan lainnya.

Jika Anda berencana untuk menghapus akun Linkedin atau menutupnya secara permanen, caranya pun sangat mudah dan bisa dilakukan menggunakan smartphone. Anda pun tetap bisa menutup akun meskipun sudah menghapus aplikasi Linkedin di perangkat Anda.

Namun, sebelum menghapus akun Linkedin, pengguna harus mengetahui konsekuensi penghapusan akun yang Anda lakukan. Pengguna tidak bisa lagi mengakses akun Anda dan terhubung dengan orang-orang yang sudah berteman dengan Anda di Linkedin.

Selain itu, profil Anda tidak dapat dilihat lagi di Linkedin, sehingga jika Anda sewaktu-waktu membutuhkan aplikasi tersebut untuk mencari pekerjaan, pengguna harus membuat akun baru dan mencari pengguna lain yang bisa terhubung dengan Anda.

Jika Anda sudah yakin untuk menghapus akun Linkedin, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini untuk mempermudah Anda menghapus akun secara permanen.

Cara Menghapus Akun Linkedin Secara Permanen

Untuk menghapus akun Linkedin, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuka aplikasi Linkedin di smartphone Anda, atau masuk menggunakan mesin peramban yang Anda miliki.

Selanjutnya, klik foto profil Linkedin Anda yang berada di pojok kiri atas untuk mengubah status Anda. Setelah itu pilih menu Setting, atau Pengaturan di kolom yang tersedia.

Pada menu yang muncul, pilih menu Account Preference untuk melanjutkan proses penghapusa akun Linkedin Anda. Selanjutnyam pada bagian Account Management, Anda dapat memilih Close Account, atau Tutup Akun.

Akan muncul alasan yang dapat Anda pilih, mengapa Anda menutup akun Linkedin. Kemudian pilih ikon Next atau Selanjutnya. Anda akan diminta untik memasukkan kata sandi akun Anda untuk melanjutkan proses penghapusan.

Masukkan kata sandi pada kolom yang telah disediakan kemudian klik Done, atau Selesai, dan akun Linkedin Anda sudah terhapus secara permanen dari aplikasi Linkedin.

Kendati begitu, profil Anda akan tetap muncul ketika orang mengetik nama Anda di mesin pencarian seperti Google atau aplikasi lain yang Anda integrasikan dengan akun Linkedin Anda. Hal tersebut akan berlangsung selama beberapa waktu setelah proses penghapusan akun sampai riwayat Anda benar-benar hilang.

Demikianlah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghapus akun Linkedin secara permanen. Pengguna pun dapat menggunakan smartphone dan mengajukan proses penghapusan akun dengan mengikuti langkah-langkah di atas.