Nvidia Bawa Teknologi AI untuk Menggambar Hanya dengan Frasa
Nvidia telah menunjukkan kemampuannya untuk mengubah sketsa sederhana menjadi gambar fotorealistik. (Foto: Nvidia)

Bagikan:

JAKARTA - Nvidia kembali unjuk gigi dengan teknologinya, GauGAN. Membekalinya AI, Nvidia telah menunjukkan kemampuannya untuk mengubah sketsa sederhana menjadi gambar fotorealistik.

Pertama kali diperkenalkan pada 2019 lalu, tetapi baru-baru ini ditampilkan dalam produk yang tersedia untuk masyarakat umum.

Dinamakan Canvas hasil dari produk GauGAN versi 2.0 (GauGAN2), perangkat lunak ini bisa sangat menyenangkan untuk digunakan, memungkinkan pengguna membuat gambar seperti foto yang menakjubkan dengan sketsa dasar. Aplikasi ini gratis dalam versi beta untuk semua pengguna GPU RTX.

GauGAN versi pertama itu dilatih pada gambar publik dari platform Flickr lebih dari satu juta gambar. Namun, GauGAN2 dilatih 10 kali dan dapat memahami deskripsi bahasa alami yang berkaitan dengan lanskap.

GauGAN adalah platform bergaya Microsoft Paint yang memungkinkan pengguna membuat gambar lanskap, dengan model yang kemudian dapat mengubahnya menjadi gambar fotorealistik. Namun, GauGAN2 dapat menghasilkan gambar hanya dengan menggunakan teks.

Mengutip TechSpot, Jumat, 26 November, pengguna dapat mengetik frasa seperti musim dingin, berkabut atau pelangi dan model AI dapat menghasilkan gambar yang sesuai dengan deskriptor yang diinginkan.

“Dengan menekan satu tombol, pengguna dapat membuat peta segmentasi, garis besar tingkat tinggi yang menunjukkan lokasi objek di tempat kejadian. Dari sana, mereka dapat beralih ke menggambar, mengubah adegan dengan sketsa kasar menggunakan gambar dengan menulis langit, pohon, batu, dan sungai, memungkinkan kuas pintar untuk menggabungkan coretan ini menjadi gambar yang menakjubkan," ungkap Nvidia.

Sayangnya, Nvidia tidak menyebutkan rencana komersialisasi apa pun, atau apakah itu akan diintegrasikan dengan Canvas dan bisa digunakan publik secara luas. Tetapi demo itu mengilustrasikan kemungkinan masa depan untuk alat pembuat gambar yang kuat bagi para seniman.