Apple <i>Ngambek</i> dengan Aplikasi Resep Prepear yang Pakai Logo Buah
Logo Prepear dan Logo Apple (Instagram @superhealthykids)

Bagikan:

JAKARTA - Raksasa teknologi Apple baru-baru ini mengajukan gugatan terhadap sebuah perusahaan aplikasi masakan bernama Prepear. Lantaran logo yang digunakan pada aplikasi tersebut diklaim mirip dengan merek dagang Apple. 

Melansir dari The Verge, logo aplikasi Prepear yang berbentuk seperti buah pir ini dianggap membuat kebingungan pada konsumen perangkat pintar Apple. Perusahaan besutan Steve Jobs ini pun mengajukan gugatan pelanggaran 'Lanham Act (konflik merek dagang) ke pengadilan. 

Aplikasi Prepear sendiri merupakan, platform untuk menyimpan resep dan mengatur makanan sehat untuk anak. Logo aplikasi ini berbentuk buah pir berwarna hijau, lengkap dengan daun di kanan atasnya. 

Lewat postingan di Istagram, salah satu pendiri Prepear, Russell Monson membuat petisi online berjudul 'Selamatkan Pir dari Apple'. Petisi yang sudah ditandatangani lebih dari 20.000 orang itu meminta Apple untuk menghentikan gugatannya karena menindas usaha kecil karena permasalahan logo. 

"Apple telah memutuskan untuk menentang dan mengejar merek dagang bisnis kecil kami dengan mengatakan logo pir kami terlalu dekat dengan logo apel mereka dan diduga merusak merek mereka. Hal ini merupakan pukulan besar bagi kami di Prepear," tulis Prepear dalam postingan Instagramnya, Senin 10 Agustus. 

"Merupakan pengalaman yang sangat menakutkan diserang secara hukum oleh salah satu perusahaan terbesar di dunia, bahkan ketika kami jelas tidak melakukan kesalahan apa pun, dan kami memahami mengapa kebanyakan perusahaan menyerah begitu saja dan mengubah logo mereka," lanjutnya.

Dalam gugatan di pengadilan, Apple menyatakan tindakan tersebut dilakukan untuk melindungi ekosistem yang telah ada dari aplikasi maupun perangkat sejenis. Di mana Apple berdalih aplikasi maupun layanan, seperti perawatan kesehatan, nutrisi, kesehatan umum, dan jaringan sosial masih dalam jangkauan ekspansi dari pengembangan ekosistem Apple. 

Dengan kata lain, pengguna dapat melihat logo Prepear dan menganggap aplikasi resep adalah produk Apple karena itu adalah sesuatu yang mungkin dilakukan Apple. Terlebih Apple memang sudah memiliki beberapa aplikasi dan layanan sejenis terkait kesehatan dan nutrisi. 

Ekosistem Apple memang terkenal cukup eksklusif. Sebelumnya, Apple juga pernah menentang lusinan aplikasi maupun merek dagang lain karena logo yang berhubungan dengan buah. 

Bahkan dalam satu kasus di mana logo atau industrinya tidak sama dengan milik Apple. Pada 2019, Apple mengirimkan surat keberatan ke kantor paten di Norwegia, dengan alasan bahwa partai politik Fremskrittspartiet memiliki logo apel yang sangat mirip dengan miliknya. Pihaknya juga keberatan dengan logo jalur bersepeda di Jerman yang memiliki desain tampak seperti Apple.